Jumat, 09 Maret 2012

PIDATO KETUA DALAM RANGKA YUDISUM KEDUA TAHUN AKADEMIK 2010/2011 Jumad 24 Februari 2012


Yang Terhormat:
Ketua Yayasan Pendidikan Karya Bangsa
Para Anggota Senat
Para Pembantu Ketua
Para Pejabat STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Para Dosen dan Karyawan
Para Fungsionaris Organisasi Kemahasiswaan
Para Tamu Undangan, Hadirin sekalian
dan Para calon wisudawan beserta Keluarga yang berbahagia

Selamat Pagi dan Salam Sejahtera!

Puji dan Syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya dengan berkat dan perkenanNya jualah Acara Yudisium pada hari ini Jumad 24 Februari 2012 dapat kita laksanakan di kampus STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang kita cintai ini.
Semoga peristiwa Yudisium ini mendapatkan berkah kemuliaan  dari dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Memenuhi harapan saudara-saudara peserta yudisium beserta Para Orang Tua dan Keluarga, dengan memohon berkah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, saya, Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, dengan ini secara resmi me-Yudisium saudara-saudara sebagai Lulusan Calon Wisuda kedua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang kita cintaimini.
Hadirin yang mulia, Para Yudisium yang berbahagia
Mengiringi pernyataan pengukuhan kelulusan ini, atas nama pimpinan dan segenap Civitas Akademika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan mengucapkan “Selamat!” atas keberhasilan saudara-saudara di yudisium dalam menyelesaikan studi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang ini. Ucapan “Selamat!” ini juga saya sampaikan kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu para orang tua dan keluarga yang menghadiri acara ini yang telah mempercayai kami/lembaga ini untuk mendidik putra/putrid bapak/ibu.

Hadirin yang saya hormati!
Bagi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, yudisium ini bukan sekadar serimoni belaka, tetapi juga merupakan peristiwa penting yang menunjukkan berakhirnya tugas layanan dan asuhan secara formal kepada mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dalam mengembangkan potensi mahasiswa menjadi insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu serta siap mengamalkan ilmu sesuai dengan bidang keahlian, dan memiliki kemampuan hidup mandiri. Lebih dari itu, acara yudisium ini adalah peristiwa penting untuk menandai batas antara tahapan kehidupan belajar di kampus dengan status sebagai mahasiswa dan tahapan kehidupan pengamalan ilmu di dunia kerja dan masyarakat dengan status sebagai lulusan. Acara yudisium ini adalah sebagai penanda awal tahap kehidupan seorang lulusan dalam merancang dan meniti karier bahtera kehidupan.
Saudara-saudara yudisum calon wisudawan yang berbahagia!
Setelah di yudisum, sebagian besar dari Saudara-saudara akan memasuki dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat. Kehidupan yang akan Saudara-saudara hadapi adalah dunia yang sangat kompleks, yang merupakan ciri khas kehidupan di manapun dan kapanpun saudara berada. Semua orang, termasuk lulusan perguruan tingggi, akan menghadapi kenyataan kehidupan yang demikian itu.
Kehidupan yang kompleks itu harus saudara sikapi sebagai kewajaran dan saudara ikuti dengan sikap optimis. Sebagai lulusan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, saudara-saudara telah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan serta bekal hidup yang memadai. Dengan andalan empat kecerdasan yaitu: Kecerdasan Intelektual; Kecerdasan Spiritual; Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Sosial. Saya yakin sebagai calon pendidik saudara-saudara segera dapat berintergrasi dan beradaptasi dengan lingkungan dimana anda berdomisili, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif. Keempat kecerdasan itu mesti dimbangi dengan kepribadian terpuji serta mamapu mampu melaksanakan; Olah Pikir, Olah Hati, Olah Rasa dan Olah Raga.
1.    Olah Pikir artinya; Cerdas, kritis, kreatif,inovatif,ingin tahu, berpikir terbuka, produktif,  berorientasi  Iptek, dan rflektif
2.    Olah Hati artinya; Beriman dan bertaqwa, Jujur, Amanah, Adil, Bertanggung jawab, Berempati, Berani Mengambil Resiko; Pantang menyerah; Rela Berkorban, dan Berjiwa Patriotik.
3.    Olah Rasa artinya;Ramah, Saling Menghargai, Toleran, Peduli, Suka Menolong, Gotong royong, Nasionalis, Kosmopolit, Mengutamakan Kepentingan umum, Bangga menggunakan bahasa dan Produk Indonesia, Dinamis, Kerja keras, dan beretos kerja.
4.    Olah Raga artinya; Bersih dan sehat,disiplin sportif, tangguh, handal, berdaya tahan, Bersahabat, Kooperatif,determinative, Kompetitif,Ceria dan Gigih.
Inti dari keempat butir andalan kemampuan di atas  harus bisa diimplemntasikan dalam  kehidupan karakter seseorang seperti yang dikatakan oleh Lickona 2010 sbb;  
1.    Knowing goodness (Tahu akan kebaikan) ;
2.    Doing goodness   (Berperilaku yang baik);
3.    Feeling goodness (Bersikap yang Baik);
Yang oleh Lickona diistilahkan sebagai The Nightmare Of Loosing yaitu:
1.    You lose your wealth, you lose nothing; anda kehilangan kekayaan; anda kehilangan apa-apa
2.    You lose your health, you lose something; Anda kehilangan kesehatan ; Anda kehilangan sesuatu
3.      You lose your Character, you lose Everything; Anda kehilangan karakter, Anda kehilangan semuanya

Hadirin Undangan, calon wisudawan yang berbahagia!
Keberhasilan Saudara-saudara di-Yudisium dalam menyelesaikan studi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang ini, adalah berkat usaha dan kerja keras saudara-saudara sendiri dalam menempuh studi. Saudara telah menunjukkan usaha kerja yang sungguh-sungguh dan berhasil melewati masa-masa sulit yang penuh tantangan dan cobaan. Saudara-saudara telah mendapatkan pengalaman belajar dan hasil belajar yang sudah memadai untuk membekali diri dalam menempuh kehidupan pasca studi. Kami, Keluarga Besar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, mengharapkan saudara-saudara pandai dan bijak dalam memanfaatkan pengalaman belajar dan hasil belajar itu demi keberhasilan kehidupan saudara-saudara di masyarakat lebih lanjut………………………………………………………. …………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………..
Jadikan keberhasilan saat ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang dengan membawa nama baik STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sebagai almater saudara. Saudara calon wisudawan juga harus paham bahwa alamamter saudara telah memiliki identitas diri sebagai Sekolah Tinggi Pembelajaran (Learning University). Dengan identitas itu, saudara-saudara tidak hanya belajar di kampus ini, tetapi juga memetik pelajaran dari luar kampus.
Keberhasilan saudara-saudara di Yudisium pada hari ini juga tidak terlepas dari jerih payah dan perjuangan keluarga: orang tua, isteri, suami, bahkan anak-anak anda. Kepada para peserta yudisium saya berharap agar senantiasa menghargai jasa-jasa keluarga itu. Percayalah, keberhasilan yang penuh berkah akan saudara-saudara dapatkan jika saudara-saudara senantiasa menghargai jasa-jasa keluarga yang telah memberikan bantuan dan dukungan, bahkan telah berkorban, demi keberhasilan saudara. Khusus kepada para Orang Tua peserta Yudisium, saya sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang Bapak-Ibu berikan kepada kami/lembaga ini untuk mendidik anak anda di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang tercinta ini.
Semua unsur pimpinan, para dosen, dan karyawan STKIP Persada Khatulis tiwa Sintang ini telah memberikan layanan akademik dan non-akademik yang terbaik demi keberhasilan saudara-saudara. Jasa mereka telah menjadi bagian kehidupan saudara-saudara. Pendek kata, almamater ini telah berbuat yang terbaik demi keberhasilan saudara-saudara. Karena itu, sangatlah arif dan bijak jika semua layanan dan jasa yang mereka berikan itu menjadi kelengkapan hidup saudara-saudara sebagai kenangan indah yang penuh hikmah untuk tidak dilupakan.
Lebih dari itu, kami berharap agar Saudara-saudara calon wisudawan adalah alumni pemegang panji almamater yang senantiasa menjaga nama baik almamater. Sebagai alumni, saudara-saudara adalah bagian integral dari civitas akademika dalam membesarkan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang tercinta ini.

Dalam melaksanaan tugas yang berujung menghasilkan lulusan ini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang telah mendapatkan kesediaan kerja sama dan bantuan dari berbagai pihak: pemerintah kabupaten mitra, bank mitra, dan perusahaan mitra. Atas kerja sama dan bantuan itu, kami sampaikan terima kasih.

Bapak/Ibu Hadirin sekalin yang saya hormati
Mengakhiri sambutan ini, ijinkan saya mohon pamit setelah lebih kurang 6 tahun berperan sebagai Ketua STKIP PK ini. Niat hati ingin terus mengabdi, tapi aturan lembaga menghendaki berhenti. Niat hati ingin jadi Pemimpin yang terus berperan tapi relgulasi negeri ini tidak menghendaki demikian. Itulah kisah aneh tapi nyata yang terjadi ditahun Naga Emas, Tahun 2012 ini.

Sebagai manusia biasa saya menyadari bahwa tidak luput dari kehilapan dan kealpaan.Mungkin melalui tutur kata yang kurang nyaman didengar, atau senda gurau yang berlebihan, melalui kesempatan yang baik ini saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Sajak/Puisi lihat lampiran …….…
Akhirnya, kami segenap civitas akademika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang melepas dan mengiringi perjalanan hidup saudara-saudara para calon wisudawan dengan doa dan harapan semoga perjalanan hidup anda lancar dan sukses dalam meniti karir dan mengarungi bahtera kehidupan. Amin.
Terima kasih. Selamat Siang.
Sintang , 24 Februari 2012



Ketua ,
PROF. DR. HAMID DARMADI.M.PD
NIP 1955
0330 1986 021 001








PUISI PERPISAHAN

Disini….
Disini Kita Berdiri. Di Bumi Dara Juanti ini.
Di Batas Mimbar ini.
Enam TahunYang Lalu
STKIP Persada Khatulistiwa Berdiri…..
           
Menerobos Keaksaraan rungu
            Bangkitkan Nyali Berilmu
            Bersama Membangun Daerah
            Dengan Semangat Pantang Menyerah
            Sekalipun Tak Parnah Luput Masalah

Adalah kami bersama Lukman Riberu …….
Rafael Suban Beding
Didin Syafruddin… Edy Riberu
Bersatu, Menggagas Ilmu
STKIP-Persada Khatulistiwa Namanya
Kini telah terakreditasi  
Memenuhi Harapan Masyarakat Bangsa

            Disini….Disini Kita Beridiri,… Mengabdi
            Di Bumi Dara Juanti Ini
            Meski Susah Sungguh….
            Perjuangan Tanpa Pamrih
            Membangun Peradaban anak negeri
            Tak Pernah Berhenti

Tingginya Gunung Telah didaki
Terjalnya Jurang Dituruni
Dalamnya Lautan diselami
Luasnya Nusantara Dijelajahi
Demi Satu Tujuan
STKIP-PK Tegak Berdiri 
           
Disini….Disini Kita Beridiri,… Mengabdi
            Di Bumi Dara Juanti Ini
            Meski Sukar diucapkan Kata Berpisah
            Namun Tiada lain jalan
Tuk Menapak Belantara Kehidupan
Beta Harus Berhenti Ditengah Jalan
Regulasi Negeri Ini Menghendaki Demikian

Tiada Kata yang layak diucapkan
Selamat Tinggal Anak-Anakku
Selamat Berjuang Kolegaku tak terbilang
Beta Terpaksa Pergi
Meninggalkan Bumi Dara Juanti ini
Gapailah ilmu…… Raihlah Prestasi
Junjung Tinggi Martabat
Agar Hidup Terhormat
Doa ku menyertai mu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar