Jumat, 09 Maret 2012

SAMBUTAN KETUA SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (STKIP) PERSADA KHATULISTIWA SINTANG


Pada Acara Wisuda Sarjana II Tahun Akademik 2011-2012
Sabtu Tanggal 25 Februari 2012
Yang Terhormat,
1.   Bapak Gubernur Kalimantan Barat Yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten 2 Bapak Drs .Kartius.M.Si 
2.   Bapak Bupati Kabupaten Sintang dan Unsur FORKUMPINDA
3.   Bapak Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat (yang mewakili)
4.   Bapak Ketua DPRD Kabupaten Sintang (yang mewakili)
5.   Bapak Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan
6.   Bapak DANREM 121 Alambana Wanai
7.   Bapak Ketua Pengadilan Tinggi
8.   Bapak Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat
9.   Bapak Sekda dan Pimpionan SKPD Kabupaten Sintang
10.Bapak Ketua Badan Pendidikan Karya Bangsa dan anggota Pengurus
11.Para Pembantu Ketua; 1,2,3 Anggota Senat, Ketua-Ketua Prodi, Kepala Badan, Para Dosen dan Karyawan STKIP-Persada Khatulistiwa Sintang
12.Para Pimpinan PTS di Kabupaten Sintang dan di Kalimantan Barat umumnya
13.Kepala Dinas, Instansi Pemerintahan, Pimpinan TNI dan Polri serta Pimpinan Perusahaan dan Stakeholder Se-Kalimantan Barat
14. Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh pemuda Kab. Sintang
15. Para wisudawan/ti beserta Orangtua dan Keluarga yang berbahagia;
16. Para mahasiswa STKIP Persada Khatulistiwa yang saya banggakan,
17. Hadirin,  undangan yang saya muliakan.
Selamat Pagi dan Salam Sejahtera
Puji dan Syukur kita panjatkan kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa, karena hanya dengan berkat dan perkenan-Nya jualah Acara Wisuda pada hari ini Sabtu 25 Februari 2012  dapat kita laksanakan

Memenuhi harapan saudara-saudara Wisudawan beserta Para Orang Tua dan Keluarga, dengan memohon berkah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, saya Ketua STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, dengan ini secara resmi me-Wisuda saudara-saudara sebagai Wisuda Kedua  STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang bersejarah ini.

Para Wisudawan yang saya banggakan…
Hari ini Kamis 25 Februari 2012 saudara-saudara saya lantik secara resmi menjadi seorang Sarjana Pendidikan (SPd).   Sebagai Sarjana bukan dinilai dari gelar yang disandang saja, akan tetapi lebih dari itu, saudara-saudara akan dinilai oleh masyarakat, dari cara berfikir serta cara bertindak yang cermat dan teliti. Selain itu, saudara-saudara juga dituntut untuk dapat mengabdikan diri serta mengamalkan ilmu yang telah saudara peroleh selama dibangku perkuliahan di lingkungan yang lebih nyata di tengah masyarakat kelak.

Hadirin sekalin yang saya muliakan
Upacara wisuda merupakan seremonial rutin dalam kehidupan suatu perguruan tinggi…., akan tetapi bagi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang,  upacara wisuda adalah saat melepaskan kader-kader bangsa, untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat untuk mengabdi guna membangun hari depan bangsa yang lebih baik.
Setelah di Wisuda, sebagian besar dari Saudara-saudara akan memasuki dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat. Kehidupan yang akan Saudara-saudara hadapi adalah dunia yang sangat kompleks, yang merupakan ciri khas kehidupan di manapun dan kapanpun saudara berada. Semua orang, termasuk lulusan perguruan tingggi, akan menghadapi kenyataan kehidupan yang demikian itu.
Kehidupan yang kompleks itu harus saudara sikapi sebagai kewajaran dan saudara ikuti dengan sikap optimis. Sebagai lulusan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, saudara-saudara telah dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan serta bekal hidup yang memadai. Dengan andalan empat kecerdasan yaitu: Kecerdasan Intelektual; Kecerdasan Spiritual; Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Sosial. Saya yakin sebagai calon pendidik saudara-saudara segera dapat berintergrasi dan beradaptasi dengan lingkungan dimana anda berdomisili, memanfaatkan dan menciptakan kesempatan, dan mampu berkompetisi secara sehat dan sportif. Keempat kecerdasan itu mesti diimbangi dengan kepribadian yang terpuji serta mampu mampu melaksanakan; Olah Pikir, Olah Hati, Olah Rasa dan Olah Raga.
1.    Olah Pikir berarti; Cerdas, kritis, kreatif,inovatif,ingin tahu, berpikir terbuka, produktif,  berorientasi  Iptek, dan rflektif
2.    Olah Hati berarti; Beriman dan bertaqwa, Jujur, Amanah, Adil, Bertanggung jawab, Berempati, Berani Mengambil Resiko; Pantang menyerah; Rela Berkorban, dan Berjiwa Patriotik.
3.    Olah Rasa berarti; Ramah, Saling Menghargai, Toleran, Peduli, Suka Menolong, Gotong royong, Nasionalis, Kosmopolit, Mengutamakan Kepentingan umum, Bangga menggunakan bahasa dan Produk Indonesia, Dinamis, Kerja keras, dan beretos kerja.
4.    Olah Raga berarti; Bersih dan sehat,disiplin sportif, tangguh, handal, berdaya tahan, Bersahabat, Kooperatif,determinative, Kompetitif,Ceria dan Gigih.

Inti dari keempat butir andalan kemampuan tadi, harus bisa diimplemntasikan dalam  karakter hidup seseorang seperti yang dikatakan oleh Lickona 2010 yaitu; 
1.    Knowing goodness (Tahu akan kebaikan) ;
2.    Doing goodness   (Berperilaku yang baik);
3.    Feeling goodness (Bersikap yang Baik);
Yang oleh Lickona diistilahkan sebagai The Nightmare Of Loosing yaitu:
1.    You lose your wealth, you lose nothing; anda kehilangan kekayaan; anda kehilangan apa-apa
2.    You lose your health, you lose something; Anda kehilangan kesehatan ; Anda kehilangan sesuatu
3.      You lose your Character, you lose Everything; Anda kehilangan karakter, Anda kehilangan semuanya


Hadirin sekalin yang saya muliakan
Keberhasilan Saudara-saudara di-Wisuda dalam menyelesaikan studi di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang ini, adalah berkat usaha dan kerja keras saudara-saudara sendiri dalam menempuh studi. Saudara telah menunjukkan usaha kerja yang sungguh-sungguh dan berhasil melewati masa-masa sulit yang penuh tantangan dan cobaan. Saudara-saudara telah mendapatkan pengalaman belajar dan hasil belajar yang sudah memadai untuk membekali diri dalam menempuh kehidupan pasca studi.   Kami, Keluarga Besar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, mengharapkan saudara-saudara pandai dan bijak dalam memanfaatkan pengalaman belajar dan hasil belajar itu demi keberhasilan kehidupan saudara-saudara di masyarakat ………………………………………………………………………
Jadikan keberhasilan saat ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang dengan membawa nama baik STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sebagai almater saudara.     Saudara wisudawan juga harus paham bahwa alamamter saudara telah memiliki identitas diri sebagai Sekolah Tinggi Pembelajaran (Learning University). Dengan identitas itu, saudara-saudara tidak hanya belajar di kampus ini, tetapi juga memetik pelajaran dari luar kampus.
Keberhasilan saudara-saudara di Wisuda pada hari ini juga tidak terlepas dari jerih payah dan perjuangan keluarga: orang tua, isteri, suami, bahkan anak-anak anda, atau mungkin juga pacar anda. Kepada para peserta Wisuda saya berharap agar senantiasa menghargai jasa-jasa keluarga itu. Percayalah, keberhasilan yang penuh berkah akan saudara-saudara dapatkan jika saudara-saudara senantiasa menghargai jasa-jasa keluarga yang telah memberikan bantuan dan dukungan, bahkan telah berkorban, demi keberhasilan saudara. Khusus kepada para Orang Tua peserta Wisuda, saya sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang Bapak-Ibu berikan kepada kami/lembaga ini untuk mendidik anak anda di STKIP Persada Khatulistiwa Sintang tercinta ini.
Semua unsur pimpinan, para dosen, dan karyawan STKIP Persada Khatulis tiwa Sintang ini telah memberikan layanan akademik dan non-akademik yang terbaik demi keberhasilan saudara-saudara. Jasa mereka telah menjadi bagian kehidupan saudara-saudara. Pendek kata, almamater ini telah berbuat yang terbaik demi keberhasilan saudara-saudara. Karena itu, sangatlah arif dan bijaksana, jika semua layanan dan jasa yang mereka berikan itu menjadi kelengkapan hidup saudara-saudara sebagai kenangan indah yang penuh hikmah untuk tidak dilupakan.
Lebih dari itu, kami berharap agar Saudara-saudara wisudawan adalah alumni pemegang panji almamater yang senantiasa menjaga nama baik almamater. Sebagai alumni, saudara-saudara adalah bagian integral dari civitas akademika dalam membesarkan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang tercinta ini.

Dalam melaksanaan tugas yang berujung pada menghasilkan lulusan ini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang telah mendapatkan kesediaan kerja sama dan bantuan dari berbagai pihak: Baik dari Pemerintah Kabupaten mitra, Bank mitra, dan Perusahaan mitra. Atas kerja sama dan bantuan itu, kami sampaikan terima kasih.

Bapak Gubernur atau yang mewaqkilinya, Bapak Koordinator Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Bapak Bupati, Pimpinan PTN dan PTS dan para Undangan hadirin sekalian yang saya muliakan...
Keberhasilan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang  melaksanakan  “Wisuda Keduaini, adalah tidak lepas dari motivasi dan dorongan manajerial kelembagaan dari Bapak KOORDINATOR KOPERTIS Wilayah XI Kalimantan (Bapak Prof.DR.Ir.H.Sipon Muladi.MS)yang sangat konsen dan pro aktif membina eksistensi Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah XI Kalimantan.
Tokah lain yang patut mendapat apresiasi dalam upaya membangun existensi keberadaan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang adalah KETUA YAYASAN PENDIDIKAN KARYA BANGSA Sintang beserta staf. Beliau adalah DRS.H.LUKMAN RIBERU.M.SI.
Sebagai orang yang ikut membidani keberadaan lembaga ini, selaku Ketua, Pembantu-Pembantu Ketua beserta Pengurus Badan Pendidikan Karya Bangsa. Saya berharap motivasi, kerjasama dan saling pengertian yang sudah terpelihara dengan baik selama ini akan tetap selalu terpelihara. Kepada pimpinan yang akan melanjutkan ekstapit kepemimpinan lembaga ini saya berpesan, agar apa telah kita rintis dengan susah payah selama ini dapat terus dibina dan terjaga dengan baik. Karena hanya peminmpin yang berpikir tentang pendidikan, berjiwa pendidik dan membangun pendidikanlah yang dapat membangun masa depan bangsa dan Negara dengan baik.

Pinjam istilah Thorndike (1984); Kemmis (1997). Not any one country can be build the nation never invesment of education, becouse the future of world is the hand of educated people”  Tidak satu bangsapun dapat maju di dunia ini tanpa membangun pendidikan terlebih dahulu, karena masa depan bangsa dan negara terletak ditangan manusia terdidik. Karena Education as power mean competence and strong enough to anable us, the majority of the people to decide, what kind  a world we want and how to achieve that kind world (Savage, 1997)

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator Kopertis, Undangan Hadirin sekalian yang saya muliakan....  
Kalau pada wisuda perdana 24 Februari 2011 yang lalu…. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang mewisuda 219 orang wisudawan, maka pada wisuda Kedua ini  STKIP-Persada Khatulistiwa Sintang mewisuda 289 orang wisudwan, masing-masing  Program Studi terdiri jumlah wisudawan sebagai berikut :
Program Studi PPKn   43  orang kedua ini 53
Program Studi Biologi   94  orang kedua ini 98
Program Studi Bahasa    50  orang kedua ini 95
Program Studi Ekonomi    32 orang kedua ini 43  
Jumlah Wisudawan Keseluruhannya 289 + 219 = 488 orang artinya hingga saat ini STKIP Sudah meluluskan 488 orang sarjana pendidikan.

Untuk meningkatan mutu dan sumber daya manusia, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang  terus berbenah diri, dengan meningkatkan kompetensi dosen. Selain dituntut untuk terus berbenah diri dengan meningkatkan kualitas, dosen STKIP-Persada Khatulistiwa Sintang, juga diwajibkan mempunyai jabatan fungsional akademik, yang merupakan kewajiban bagi suatu Perguruan Tinggi… Perlu saya ingatkan pada kita semua bahwa Surat Edaran Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 152 / E / 2012 Tanggal 27 Januari 2012 mulai kelulusan setelah Augustus 2012 diberlakukan ketentuan Sbb:
1.    Untuk Lulusan Program Sarjana harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada Jurnal Ilmiah
2.    Untuk Lulusan Program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada Jurnal Ilmiah Nasional diutamakan yang terakreditasi Dikti
3.    Untuk Lulusan Program Doktor harus sudah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada Jurnal Internasional
Bapak/Ibu Uandangan, Hadirin, Wisudawan Sekalian Yang Berbahagia
Segenap unsur pimpinan lembaga menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang belum dapat dibenahi oleh lembaga. Karena itu dukungan dan kerjasama dari semua pihak sangat berarti bagi kami dalam mewujudkan eksistensi STKIP PK yang berkompetensi. Kepada semua pihak yang telah ikut andil mewarnai kemajuan STKIP-PK ini atas nama Pimpinan lembaga saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Semoga amal baik dan kerjasama yang telah bapak/Ibu berikan selama ini mendapat ganjaran dari Tuhan Yang Maha Kuasa

Hadirin yang saya muliakan.....
Lahir dari lubuk hati yang paling dalam, sedang dalam perencanaan untuk dapat bekerjasama (MoU) dengan Perguruan Tinggi baik di dalam maupu di luar negeri. Tetapi sebagai pimpinan saya harus pergi mengakhiri masa jabatan ini ditengah jalan. Apa boleh buat.  Niat hati ingin  terus melanjutkan… tetapi regulasi negeri ini mengatur demikian. Untuk itu dengan segala kerendahan hati atas nama pribadi dan atas nama pimpinan lembaga saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya manakala dalam  masa kepimpinan saya terdapat kebijakan yang kurang berkenan dihati.
Hadirin yang saya mulaikan ; Ijinkan saya menyampaikan sebuah pantun
Kajang Puan Kajang Berlipat
Kajang Kami Mengkuang Layu
Agar Hidup Mendapat Tempat
Penuhi Dada Menimba Ilmu
Apa Tanda Mengkuang Layu
Rasanya hambar tidak berserat
Apa tanda Orang berilmu
Di tengah Masyarakat Memberi Manfaat
Kepada wisudawan saya menghimbau untuk menimba sebanyak mungkin pengalaman dan mengamalkan ilmu yang diperoleh bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Berikan yang terbaik yang saudara miliki bagi kepentingan bangsa dan negara, keberhasilan saudara di tengah masyarakat merupakan barometer kesarjanaan sejati.
Ucapan selamat ini juga saya sampaikan kepada orang tua dan keluarga wisudawan/ti, selamat bekerja, selamat mengabdi dan sukses. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua.
Kepada semua pihak, khususnya kepada Bapak Pimpinan Badan Pendidikan Karya Bangsa, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat; Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, sahabat-sahabat LSM, Media Massa, Dunia Usaha, rekan-rekan dosen, ketua-ketua Program Studi, kepala UP3M, kepala Perpustakaan, unsur pegawai dan seluruh civitas akademika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, serta semua pihak yang telah memberikan perhatian besar dan kerjasamanya atas perkembangan dan kemajuan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Saya atas nama pimpinan lembaga mengucapkan terima kasih.
Akhirnya sekali lagi atas nama keluarga besar Civitas Akademika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang  saya mengucapkan selamat jalan kepada saudara-saudara  wisudawan, mudah-mudahan saudara-saudara diberi kemudahan oleh Allah Tuhan Yang Maha Kuasa dalam mengarungi bahtera kehidupan di masyarakat.
Hadirin yang dimuliakan…
Hari ini kami melepaskan 289 orang wisudwan. Terimalah putra-putri kami di lingkungan Bapak / Ibu, inilah wujud bakti kami kepada bangsa dan negara, khususnya kepada tanah senentang bumi dara Juanti ini.
Apa tanda pohon berbuah
Putik berbunga daunnya rindang
Apa tanda bangsa ber
warah
Ilmu di dada tak menyusahkan orang
Bapak/Ibu Hadirin sekalin yang saya hormati
Mengakhiri sambutan ini, ijinkan saya mohon pamit setelah lebih kurang 6 tahun berperan sebagai Ketua STKIP PK ini. Niat hati ingin terus mengabdi, tapi aturan menghendaki berhenti. Niat hati ingin jadi Pemimpin yang terus berperan tapi relgulasi negeri ini tidak menghendaki demikian. Itulah kisah aneh tapi nyata yang terjadi ditahun Naga Emas, Tahun 2012 ini.

Sebagai manusia biasa saya menyadari bahwa tidak luput dari kehilapan dan kealpaan. Mungkin melalui tutur kata yang kurang nyaman didengar, atau senda gurau yang berlebihan, melalui kesempatan yang baik ini saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.
Akhirnya,  mohon maaf atas segala kekurangan, terima kasih atas segala perhatian. Semoha Tuhan memberkati kita,Kini dan Sepanjang Masa. Amin. Selamat Siang
Ketua,

Prof.DR.Hamid Darmadi.M.PD
NIP 19550330 198602 1 001

KEPERGIANKU
Buah Karya : Hamid Darmadi
Disini………...
Disini Kita Berdiri…… Di Bumi Dara Juanti ini.
Di Batas Mimbar ini…….di Tugu Sebeji ini
Enam TahunYang Lalu……..
STKIP Persada Khatulistiwa Berdiri…..
           
Menerobos Keaksaraan rungu
            Bangkitkan Nyali Berilmu
            Bersama Membangun Daerah
            Tanamkan Semangat Pantang Menyerah
            Sekalipun Tak Parnah Luput Masalah

Adalah kami bersama Lukman Riberu ……
Andreas Sangu…………..
Rafael Suban Beding………………
Didin Syafruddin……… Edy Riberu Menyatu…
Bersatu, Menggagas Ilmu
STKIP-Persada Khatulistiwa Sintang Namanya
Kini telah terakreditasi Murni….
Memenuhi harapan Negeri   

            Disini….Disini Kita Mengabdi…..
            Di Bumi Dara Juanti Ini
            Meski Susah Sungguh….
            Berjuang Tak Pernah Mengeluh
            Membangun Peradaban Negeri

Tinggi Gunung didaki
Terjal Jurang Dituruni
Dalam Lautan diselami
Luas Hutan Belantarantara Dijelajahi
Demi Satu Tujuan
STKIP-Persada Khatulistiwa Sintang Tetap Tegak Berdiri 

            Disini….Disini Kita Mengabdi
            Di Batas Tugu Sebeji Ini
            Meski Sukar diucapkan Kata… “Berpisah”
            Namun Tiada lain jalan
Tuk Menapak Belantara Kehidupan
Beta Harus Berhenti Ditengah Jalan
Regulasi Negeri Ini Mengatur Demikian

Selamat Tinggal Anak-Anakku
Selamat Berjuang Kolegaku yang tak terbilang
Beta Terpaksa Pergi…. Menjelajahi Negeri
Meninggalkan Bumi Dara Juanti ini
Gapailah ilmu…… Raihlah Prestasi
Junjung Tinggi Martabat
Agar Hidup Terhormat
Doa ku menyertai mu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar