A. Pendahuluan
Kegiatan
pembekalan KKM dan PPL terpadu dimaksudkan untuk memberikan informasi dan bimbingan
kepada para mahasiswa peserta KKM dan PPL terpadu tentang arti dan tujuan KKM-PPL terpadu,
pendekatan dan metode pemberdayaan masyarakat desa, penyusunan program kerja KKM dan PPL terpadu, dan penyusunan laporan akhir KKM dan PPL terpadu tahun ini berjumlah 2702 pserta. Diharapkan mahasiswa peserta KKM dan PPL terpadu tersebut dapat berhasil/sukses dengan baik dalam
melaksanakan tugasnya.
Jadwal kegiatan pembekalan mahasiswa Peserta KKM-PPL terpadu STKIP-PGRI Pontianak Semester Ganjil Tahun 2013/2014 dilaksanakan
pada:
Hari/Tanggal : Kamis / 4 Juli 2013
Pukul
: 08.00 WIBA
Tempat
: Auditorium Kampus Ilham Kota Baru Pontianak.
Kegiatan
KKM dan PPL Terpadu
merupakan
program pendididikan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa semester akhir, Kegiatan ini dapat ditempuh
setelah mahasiswa yang
bersangkutan menyelesaikan seluruh mata kuliah selain mata kuliah seminar dan skripsi. Implementasi program dalam kawasan kependidikan, dibidang Pendidikan
Tinggi, terutama bagi mahasiswa semester akhir yang akan menyelesaikan studinya
diwajibkan melaksanakan dan menempuh kegiatan KKM dan PPL masing-masing berbobot 4 (empat) SKS.
Pelaksanaan
kegiatan KKM-PPL STKIP PGRI
Pontianak tahun akademik 2013/2014 menggunakan pola
terpadu, disebut KKM-PPL Terpadu dengan maksud bahwa kegiatan KKM-PPL dijadikan
satu paket, dan penempatannya diarahkan ke Kabupaten/Kota masing-masing mahasiswa
yang bersangkutan berasal dalam waktu satu semester penuh kurang-lebih (6 bulan). Hal ini
memungkinkan bagi mahasiswa tersebut dapat langsung mengaplikasikan ilmunya di tempat mereka berasal, dan berdampak positif terhadap Pemerintah Daerah masing-masing
kabupaten/kota serta masyarakat sekitarnya.
Dalam kegiatan KKM-PPL
Terpadu ini diharapkan pada seluruh komponen terkait baik dari Pemda maupun unsur masyarakat sekitar dapat mendukung
pelaksanaannya.
Kegiatan
ini berpotensi
positif dalam menyiapkan tenaga guru di
setiap Kabupaten/Kota khususnya dan
Kalimantan Barat pada
umumnya. Hal-hal yang
berkaitan dengan pelaksanaan KKM-PPL Terpadu STKIP PGRI Pontianak tahun
akademik 2013/2014 dapat formulasikan
sebagai berikut :
1. KKM
Pelaksanaan
Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) merupakan salah satu perwujudan dari Tri Dharma
Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, sekaligus merupakan salah
satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa untuk jenjang pendidikan S-1
(Strata 1). KKM dalam kurikulum STKIP-PGRI Pontianak berbobot kredit 4 SKS sebanding dengan
100 jam kegiatan di lapangan, dengan demikian pelaksanaannya harus mengacu pada
ketentuan sistem Kredit Semester (SKS)
yang berlaku.
KKM
dilaksanakan di Kabupaten/Kota yang ada di
Provinsi Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai
faktor baik dilihat dari aspek waktu yang relatif singkat, kebutuhan
masyarakat, maupun kemudian transportasi dan komunikasi mahasiswa peserta.
Pelaksanaan
KKM bertujuan memberikan wawasan kepada mahasiswa agar memahami berbagai aspek
kehidupan sosial masyarakat pedesaan baik dalam kehidupan masyarakat yang serba
terbelakang, maupun masyarakat dalam masa transisi akibat pengaruh globalisasi.
Hal tersebut memberikan bekal kepada mahasiswa untuk menganalisis dampak
positif dan negatif dari kehidupan sosial masyarakat tersebut sesuai disiplin
ilmu yang sedang ditekuninya, sehingga pada akhirnya dapat memberikan atau
mencari alternatif pemecahan yang lebih aplikatif, terutama sekali yang
berkaitan dengan dampak negatif yang ada dalam kehidupan masyarakat lingkungan
tempat KKM dilaksanakan. Harapan lainnya, agar mahasiswa mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan keterampilan yang diterimanya di kampus dalam kehidupan
masyarakat secara langsung.
KKM
juga bertujuan untuk
mempromosikan eksistensi atau keberadaan STKIP-PGRI Pontianak dalam kehidupan
masyarakat. Di lihat dari sisi mahasiswa, KKM bertujuan menumbuh-kembangkan
rasa memiliki dan bangga terhadap almamaternya serta sebagai sarana rekreasi.
2. PPL
Program Pengalaman Lapangan (PPL) intinya adalah latihan
mengajar dalam upaya mempersiapkan mahasiswa STKIP-PGRI Pontianak sebagai calon
pendidik sebagai wujud tenaga yang profesionalisme. PPL dan Pengelolaan Kependidikan merupakan bagian integral dalam
keseluruhan kurikulum lembaga yang mencakup juga seluruh kegiatan persiapan
sebelum latihan mengajar di kelas dan latihan mengelola kependidikan
dilaksanakan PPL dan Pengelolaan kependidikan.
Dalam
masa PPL dan Pengelolaan Kependidikan inilah mahasiswa calon pendidik dan
administrator pendidikan merasa betapa banyaknya masalah yang harus
dihadapinya, ia harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam menghadapi
masalah tersebut, melalui PPL dan Pengelolaan Kependidikan ini mahasiswa calon
pendidik dan administrator pendidikan,
diharapkan dapat menghayati betapa luas dan kompleksnya tugas yang akan
dihadapinya kelak dan bagaimana sesungguhnya kenyataan dalam kehidupan suatu
sekolah.
Dalam
PPL dan Pengelolaan Kependidikan ini pula para praktikan akan dilatih dalam
aktivitas menunjukkan kemampuannya berhadapan dengan dosen pembimbing, guru
pamong, kepala sekolah, dan siswa, sehingga diharapkan dalam aktivitasnya akan
terjadi perpaduan antara ilmu yang didapatnya di bangku kuliah dan pengalaman
serta penghayatan tugas keguruan dan kependidikan yang akan menjadi bekal yang
amat berguna untuk membentuk kompetensi seorang pendidikan sekaligus
administrator pendidikan.
Pengalaman
yang diperoleh dari PPL dan Pengolahan Kependidikan ini akan berkesan amat
dalam dan akan menjadi pedoman bagi pelaksanaan profesinya kelak. Pandangannya
tentang jabatan guru perhitungan tentang sukses atau tidaknya kalau kelak ia
menjadi guru atau administrator pendidikan sangat tergantung pada
pengalaman-pengalaman yang diperolehnya dalam PPL dan Pengolahan Kependidikan
ini. Oleh karena itu , para mahasiswa calon pendidik dan administrator
pendidikan harus berlatih bekerja dan berusaha sebaik mungkin. Kesungguhan,
ketekunan, ketabahan, dan kesabaran, serta usaha yang terus menerus untuk
mengerti dan mencintai jabatan guru yang dipilihnya akan diuji dan dikembangkan
melalui PPL dan pengelolaan kependidikan ini.
PPL
dan pengelolaan kependidikan hanya akan berhasil bila perencanaan dan
pelaksanaannya dilakukan melalui kerjasama yang baik dengan semua pihak yang
terkait, yaitu pihak lembaga, lembaga mitra, P3G, dosen pembimbing, mahasiswa,
dan sekolah tempat latihan yaitu kepala sekolah, guru pamong, siswa, dan
petugas sekolah lainnya. PPL dan pengelolaan kependidikan adalah salah satu
kegiatan intra kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang mencakup;
latihan mengajar, latihan mengelola administrasi pendidikan, kegiatan-kegiatan
persiapan (orientasi, observasi, dan micro teaching) dan tugas-tugas keguruan
lainnya secara terbimbing dan terpadu untuk memenuhi persyaratan pembentukan
profesi keguruan dan administrator pendidik.
Tujuan
yang hendak dicapai dengan pelaksanaan PPL dan pengelolaan kependidikan ini
adalah agar mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan
sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan oleh guru sebagai pendidik dan
administrator pendidikan serta cakap dan tepat menggunakannya di dalam
penyelengaraan pendidikan dan pembelajaran baik di sekolah maupun di luar
sekolah.
Secara
singkat dapat dikemukakan bahwa dengan PPL dan pengelolaan kependidikan ini,
mahasiswa praktik diharapkan mampu mengelola program pembelajaran, mengelola
kelas, menggunakan media atau sumber belajar, menilai prestasi siswa untuk
kepentingan pembelajaran, mengenal dan mampu menyelenggarakan administrasi
sekolah, memahami permasalahan-permasalahan dalam dunia pendidikan, mengenal
fungsi dan program bimbingan dan konseling di sekolah dan lain sebagainya.
Sementara
itu, mahasiswa praktikan hendaknya menyadari bahwa selama mengadakan praktik di
sekolah tempat latihan berfungsi menggantikan guru bidang studi atau mata
pelajaran yang bersangkutan dan pengelola administrasi pendidikan. Oleh sebab
itu mahasiswa hendaknya bersikap sebagaimana layaknya seorang guru dalam mendidik,
melatih, membimbing,
mengajar,
dan sebagai seorang administrator pendidikan.
B. Kegiatan KKM-PPL Terpadu
1. Nama
Kegiatan
ini diberi nama “KULIAH KERJA MAHASISWA – PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERPADU
(KKM-PPL TERPADU)”
2. Tujuan
a.
Memberikan wawasan kepada mahasiswa agar memahami
berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat.
b.
Mahasiswa mampu mengaplikasikan pengetahuan dan
keterampilan yang diterimanya di kampus dalam kehidupan masyarakat secara
langsung.
c.
Mahasiswa memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan,
nilai dan sikap serta pola tingkah laku yang diperlukan oleh guru sebagai
pendidik dan cakap serta tepat menggunakan kemampuannya dalam penyelenggaraan
pendidikan dan pembelajaran, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
d.
Latihan mengajar, latihan mengelola administrasi
pendidikan, kegiatan-kegiatan persiapan (orientasi, observasi, dan micro
teaching), dan tugas-tugas keguruan lainnya secara terbimbing dan terpadu untuk
memenuhi persyaratan pembentukan profesi sebagai seorang guru.
e.
Membantu dan memberikan masukan kepada Pemda setempat
tentang calon tenaga pendidik dan kependidikan.
3. Bentuk
Kegiatan
KKM-PPL Terpadu dirancang dalam bentuk program kegiatan pemenuhan mata kuliah
yang dipadukan dengan kegiatan pengabdian pada masyarakat, bekerjasama dengan
pemerintah daerah kabupaten/kota dalam penerapan ilmu keguruan dan
kependidikan.
4. Komponen
Pelaksanaan
kegiatan KKMT melibatkan beberapa komponen yang menunjang terlaksananya
kegiatan tersebut, yakni:
a.
STKIP PGRI Pontianak.
b.
Pemerintah Daerah dan perangkat daerah terkait.
5. Pelaksana
a.
STKIP PGRI Pontianak
1.
P3G PPL.
2.
P4M Subbag KKM
b.
Pemerintah Daerah dan Dinas Pendidikan setempat
6. Jadwal Pelaksanaan
Kegiatan
KKM PPL Terpadu STKIP PGRI Pontianak Tahun 2013/2014 dijadwalkan pada
minggu ketiga Juli
2013 sampai dengan Januari 2014
7. Tempat Pelaksanaan
Kegiatan
KKM-PPL Terpadu STKIP PGRI Pontianak Tahun 2013/2014 dilaksanakan di
seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, yang disesuaikan
dengan asal Kabupaten/Kota mahasiswa yang bersangkutan.
thanks for the stuff,,,prof...
BalasHapus