Definisi Aktivitas Siswa
Menurut Sriyono aktivitas adalah segala
kegiatan yang dilaksanakan
baik secara jasmani maupun rohani . Sedangkan Rahmania menyebutkan
bahwa aktivitas mengajar adalah segala tindakan yang dilakukan oleh siswa
dalam pembelajaran. Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan
bahwa aktivitas belajar adalah kegiatan atau tingkah laku siswa yang terjadi
selama proses belajar mengajar. Aktivitas siswa tidak hanya mendengarkan atau mencatat seperti yang lazim terdapat di sekolah-sekolah tradisional. Paul B. Diedrich membagi
kegiatan belajar menjadi 8 kelompok sebagai berikut :
baik secara jasmani maupun rohani . Sedangkan Rahmania menyebutkan
bahwa aktivitas mengajar adalah segala tindakan yang dilakukan oleh siswa
dalam pembelajaran. Berdasarkan pernyataan di atas dapat disimpulkan
bahwa aktivitas belajar adalah kegiatan atau tingkah laku siswa yang terjadi
selama proses belajar mengajar. Aktivitas siswa tidak hanya mendengarkan atau mencatat seperti yang lazim terdapat di sekolah-sekolah tradisional. Paul B. Diedrich membagi
kegiatan belajar menjadi 8 kelompok sebagai berikut :
1. Visual activities (kegiatan-kegiatan
visual), seperti membaca,
memperhatikan gambar, memperhatikan demonstrasi percobaan pekerjaan
orang lain.
memperhatikan gambar, memperhatikan demonstrasi percobaan pekerjaan
orang lain.
2. Oral activities (kegiatan-kegiatan lisan),
seperti menyatakan, merumuskan
bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan
wawancara, diskusi, interupsi.
bertanya, memberi saran, mengeluarkan pendapat, mengadakan
wawancara, diskusi, interupsi.
3. Listening activities (kegiatan-kegiatan
mendengarkan), seperti
mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
mendengarkan: uraian, percakapan, diskusi, musik, pidato.
4. Writing activities (kegiatan-kegiatan
menulis), seperti menulis: cerita,
karangan, laporan, angket, menyalin.
karangan, laporan, angket, menyalin.
5. Drawing activitie (kegiatan-kegiatan
menggambar), seperti menggambar,
membuat grafik, peta, diagram.
membuat grafik, peta, diagram.
6. Motor activities (kegiatan-kegiatan
metrik), seperti melakukan percobaan,
membuat konstruksi, mereparasi model, bermain, berkebun, berternak.
membuat konstruksi, mereparasi model, bermain, berkebun, berternak.
7. Mental activities (kegiatan-kegiatan
mental), seperti menanggapi,
mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan.
mengingat, memecahkan soal, menganalisis, melihat hubungan, mengambil keputusan.
8. Emotional activities (kegiatan-kegiatan
emosional), seperti menaruh minat,
merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, berani, tenang, gugup.
merasa bosan, gembira, bersemangat, bergairah, berani, tenang, gugup.
Didalam penelitian ini, aktivitas siswa
diartikan sebagai segala tindakan
yang dilakukan oleh siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran baik itu
kegiatan lisan, visual, metrik, maupun mental dengan menggunakan model
pembelajaran Treffinger, dan didalam penelitian ini juga, aktivitas siswa hanya
dilakukan kepada lima sampai enam orang siswa dalam satu kelompok yang
sama dikarenakan terbatasnya tenaga pengamat.
yang dilakukan oleh siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran baik itu
kegiatan lisan, visual, metrik, maupun mental dengan menggunakan model
pembelajaran Treffinger, dan didalam penelitian ini juga, aktivitas siswa hanya
dilakukan kepada lima sampai enam orang siswa dalam satu kelompok yang
sama dikarenakan terbatasnya tenaga pengamat.
Untuk mengetahui
aktivitas siswa tersebut maka guru menggunakan
lembar pengamatan aktivitas siswa. Setiap kegiatan yang diharapkan oleh guru
didalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Treffinger yang dijabarkan sebagai berikut :
1. Mendengarkan penjelasan atau informasi dari guru.
2. Mengajukan pertanyaan.
3. Menanggapi pertanyaan dari guru dan teman.
4. Mempresentasikan hasil kerja.
5. Mendengar presentasi dari teman.
6. Membaca/mengerjakan masalah di LKS/ buku paket.
7. Menyampaikan gagasan atau ide yang berbeda.
8. Menerima gagasan atau ide yang berbeda.
9. Perilaku yang tidak relevan.
lembar pengamatan aktivitas siswa. Setiap kegiatan yang diharapkan oleh guru
didalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Treffinger yang dijabarkan sebagai berikut :
1. Mendengarkan penjelasan atau informasi dari guru.
2. Mengajukan pertanyaan.
3. Menanggapi pertanyaan dari guru dan teman.
4. Mempresentasikan hasil kerja.
5. Mendengar presentasi dari teman.
6. Membaca/mengerjakan masalah di LKS/ buku paket.
7. Menyampaikan gagasan atau ide yang berbeda.
8. Menerima gagasan atau ide yang berbeda.
9. Perilaku yang tidak relevan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar