Konsep
Ilmu Pendidikan
Ditinjau dari ruang lingkupnya Ilmu
pendidikan membahas tentang proses penyesuaian diri secara timbal balik antara
manusia dengan manusia dan alam sebagai pengembangan dan
penyempurnaan secara teratur dari semua potensi moral, intelektual, dan
jasmaniah. Pendidikan adalah usaha sadar untuk mempersiapkan peserta didik
melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan oleh si pendidik
terhadap si terdidik dalam hal perkembangan jasmani dan rohani menuju
terbentuknya kepribadian yang utama di masa yang akan datang. Ilmu Pendidikan
merupakan sebuah sistem pengetahuan tentang pendidikan yang diperoleh melalui riset
yang disajikan dalam bentuk konsep-konsep pendidikan. Konsep-konsep pendidikan
tersebut tidak lain merupakan berdasarkan pengalaman yang ditata
secara sistematis menjadi suatu kesatuan yaitu disebut skema konseptual. Dengan
demikian isi Ilmu Pendidikan, terbentuk dari unsur-unsur yang berupa
konsep-konsep tentang variabel-variabel pendidikan, dan bagian-bagian yang
berupa skema-skema konseptual tentang komponen-komponen pendidikan.
Dengan demikian konsep ilmu
pendidikan adalah pengetahuan yang membicarakan masalah-masalah yang
berhubungan dengan pendidikan yang memiliki konsep dasar persyaratan
pendidikan sebagai ilmu yaitu:
- Memiliki objek studi baik baik
objek material maupun objek formal
- Memiliki sistematika
- Memiliki metode
Ilmu pendidikan bertujuan memberikan
informasi atau keterangan tentang dasar-dasar pendidikan dalam berbagai situasi
atau interaksi pendidikan, jalur dan jenis jenjang pendidikan untuk membekali
peserta didik mencapai kehidupan yang berbudaya dan mandiri yang lebih baik di
masa depannya. Memberikan informasi dalam arti menjelaskan permasalahan,
sebab-sebab dan kemungkinan mengupayakan dan pembekalan bagi pendidik dalam
mendidik putra putrinya atau generasi berikutnya (Tim pengembangan Ilmu
Pendidikan FIP-UPI, Bag 4, 2007)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar