Senin, 04 April 2011

KATA SAMBUTAN KETUA 22 SEPTEMBER 2006 DALAM RANGKA PELANTIKAN STAF PIMPINAN DAN KULIAIH UMUM TAHUN AKADEMIK 2006/2007




Bapak Bupati Sintang /yang mwakilinya yang saya  hormati,
Bapak-Bapak Muspida Kabupaten Sintang,
Kepala Dinas, Instansi, Lembaga  Sipil dan TNI-POLRI
Dewan Penyantun STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Ketua Yayasan Karya Bangsa Sintang
Bapak Prof.DR.H.M.Asrori,M.Pd sebagai nara sumber kuliah umum th. Akademik 2006/2007
Para Dosen, Mahasiswa,STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
Para Undangan, dan hadirin sekalian yang berbahagia

Selamat Siang dan Salam Sejahtera untuk kita semua

            Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Tuhan YME, karena hanya dengan berkat dan perkenanNya jualah sehingga pada pagi hari Jum’ad, 22 September 2006 yang .....cerah...... ini kita dapat menghadiri  “Pelantikan Staf Pimpinan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang dan Kuliah Umum Tahun Akademik 2006/2007. Atas nama Pimpinan, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang stinggi-tingginya kepada semua undangan dan hadirin, yang telah memberikan perhatian, serta bersedia meringankan langkah, meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini.
           
            Tidak terasa oleh kita, bahwa sesungguhnya keberadaan STKIP-Persawa Sintang sudah mencapai satu tahun sejak berdirinya tanggal 1 Juli 2005 yang lalu. Sebagai Perguruan Tinggi yang berada ditengah masyarakat Sintang khususnya, dan masyakat Kalimantan Barat serta masyarakat Indonesia umumnya, kita menyadari bahwa relatif masih sangat kontribusi yang dapat diberikan. Namun demikian kita tidak perlu berkecil hati, karena jika dilihat pada persfektif tugas dan fungsi secara institusi dalam mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka usaha yang telah dilaksanakan selama ini akan menjadi stimulan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja STKIP Persada Khatulistiwa (Persawa) dimasa mendatang.
           
            Agak sedikit lucu memang kedengarannya, STKIP Persada Khatulistiwa (Persawa) yang telah berdiri lebih kurang setahun yang lalu baru sekarang ini melantik kepengurusan dan staf pimpinannya. Hal ini terjadi karena diilhami oleh “status kepengurusan lembaga” yang masih dalam proses, bahkan melalui proses yang sangat panjang, kini SK Ijin operasional  dari Mendiknas bernomor  189/D/O/2006 Tertanggal 4 September 2006 telah berada ditangan kita, dan telah kita pegang erat-erat......dan tetap kita peretahankan sampai kapanpun juga.
            Meskipun terlambat pelantikan kepengurusan dan staf pimpinan jika diukur dari segi waktu dan ruang, namun kita masyarakat Sintang khususnya, dan masyakat Kalimantan Barat umumnya patut berbangga dan berbesar hati. Karena dari seluruh usulan pendirin PTS baru dari seluruh Indonesia hanya dua daerah saja yang disetujui, yaitu STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat dan satu lagi PTS di Iriyan Jaya. “PUJI TUHAN”.

            Melalui ijin operasaional yang sudah ada dan seluruh supra struktur serta inpra struktur yang kita miliki,  melalui kesempatan yang berbahagia ini saya mengajak kita semua, baik unsur masyarakat, mahasiswa, dosen, Yayasan, serta Pemda Sintang khususnya untuk bisa berperan aktif memberikan dukungan positif kepada lembaga Perguruan Tinggi yang baru berdiri kebanggan masyarakat Sintang ini.

Hadirin yang berbahagia
            Dengan berbekal ijin operasional yang sudah ada seperti disebutkan di atas, maka pada acara kuliah umum tahun akademik 2006/2007 ini kita mendatangkan Prof.DR.H.M.Asrori,M.Pd dari Universitas Tanjungpura Pontianak. Beliau adalah  Guru Besar termuda dari  seluruh PT di Indonesia. Bahkan sebagai peneliti terbaik dari PTN dan PTS pun pernah disandangnya. Olah karena itu sangat beruntunglah kita dapat bertemu muka dan dapat mendengarkan kuliah umum yang akan disampaikannya sesat lagi.


Hadirin yang saya muliakan
            Menyikapi perubahan dunia dan perkembangan IPTEK yang sangat cepat dewasa ini, dibutuhkan pemikiran dan tindakan inteliktual yang cepat dan tepat pula. Keterbatasan Sumber Daya Manusia, kemampuan yang masih sangat rendah, kemiskinan, serta pilihan-pilihan yang amat menyulitkan yang sedang dialami oleh masyarakat kita dewasa ini adalah merupakan agenda kerja yang sangat pelik dan rumit. Dalam hal ini duni Pendidikan Tinggi berperan amat strategis untuk ikut serta mengatasi dan memberikan solusi dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh masayarakat bangsa dan negara kita.
            Agar Pergurun Tinggi   dapat berperan lebih maksimal, maka terlebih dahulu perlu dilakukan reposisi dan reorientasi penyelenggaraan Pendidikan Tinggi. Pendidikan Tinggi sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional, perlu melakukan reposisi baik dalam bentuk struk kelembagaan, maupun dalam substansi pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat / daerah baik dari segi kualitas, relevansi, efesiensi, maupun akuntabilitas, sehingga akan mampu menghasilkan menghasilkan SDM yang memiliki daya saing tinggi. Itulah sebabnya kita berupaya mendatangkan para instruktur yang qualifait dan memiliki repotasi tinggi....
            Untuk menyeleng menyelenggarakan Pendidikan Tinggi yang akomudatif dalam mengantisipasi kebutuhan masayarakat menuju era kesejagatan dengan masukan yang variatif, maka perlu dilakukan reorientasi penyelenggaraan Pendidikan Tinggi melalui evaluasi penetapan serta penyesuaian kembali visi, misi, regulasi dan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi.
           
            STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sebagai bagian dari Perguruan Tinggi, memiliki visi :”Mewujudkan  STKIP Persada Khatulistiwa Sintang menjadi lembaga unggulan  pendidikan mutu terpadu dan pusat informasi  pendidikan Provinsi Kalimantan Barat, serta menghasilkan luaran yang bermoral Pancasila dan mampu menempati segala bidang penyelenggaraan pendidikan yang menjadi keahlinnya, dan mampu berkompetisi, baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional”.
            Visi-misi dan harapan yang indah ini dapat terwujud menjadi kenyataan adalah sanagat tergantung pada upaya dan kinerja kita bersama. Baik unsur masyarakat, mahaasiswa, dosen, karyawan, Yayan, Pemda serta seluruh unsur terkait lainnya.  Semoga visi misi dan harapan kita bersama ini menjadi kenyataan.

           
Khusus kepada Pak Lukman sebagai ketua Yayasan. Kami segenap unsur pimpinan STKIP menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya  atas perhatian dan kepercayaan bapak kepada kami untuk melakukan tugas yang mulia dan berat ini.
Special to Mr. Lukman as Institution chief. We are the whole head element of STKIP submit thank utterance and appreciation which its it[him] at attention and trust of father to us to [do/conduct] excellency duty and this heavy.

Kami bangga atas usaha bapak mewujudkan urusan kelembagaan yang serba rumit dan berat ini hingga surat keputusan ijin operasional lembaga ini sudah kita miliki. Semoga usaha yang demikian ini terus berlanjut sepanjang masa, hingga mencapai perguruan tinggi yang handal dan terpuji.
We pride upon the effort father realize this heavy and complicated all institute business till operational permission decree institute this we have. Hopefully effort like this still going on during the time, till reach reliable college and praised.
 
PANTUN STKIP SINTANG

Sungai birah airnya biru
Tempat orang mencari damar
Setalah susah payah kita menunggu
Akhirnya baru Ijin Operasional keluar

Kayu ubah dililit akar
Akar dipotong bercabang dua
Setelah ijin operasional keluar
Mohon dukungan dari aparat Pemda

Anak lebah menghisap madu
Madu disap di daun nangka
Tidak satu lembagapun dapat maju
Tanpa dukungan lembaga dan civitas akademika

Burung Penguin dipundak menjangan
Menjangan terbang lalu melayang
Setelah ijin operasional berada di tangan
Mari bergandengan tangan memajukan Sintang

Jika mudik ke sungai melawi
Singgah dulu di Madya Raya
Jika Sintang Jadi Provinsi
STKIP Persada harapan kita




Kkhusus kepada Pak Lukman sebagai ketua Yayasan. Kami segenap unsur pimpinan STKIP menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya  atas perhatian dan kepercayaan kepada kami untuk mengemban tugas yang mulia dan berat ini. Semoga Tuhan yang Maha Esa membalas kebaikan bapak.
Kami bangga atas usaha bapak mewujudkan urusan kelembagaan yang serba rumit dan berat ini hingga surat keputusan ijin operasional lembaga ini sudah kita miliki. Semoga usaha yang demikian ini terus berlanjut sepanjang masa, hingga mencapai perguruan tinggi yang terpuji.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar