Senin, 04 April 2011

SILABUS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi: 1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat


· Menjelaskan hakekat norma
· Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
· Menguraikan macam-macam norma


Norma -norma dalam masyarakat

·Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau
·perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Minang Kabau
·Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Minang Kabau

·Membuat laporan





Tes tulis


Tes
Uraian


1.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma!
2.    Jelaskan apa manfaat norma bahi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat!

3.    Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat!


8  x 40’


Buku teks, contoh norma, Tokoh masyarakat
artikel/berita
di media massa,  dan lain-lain


1.2.   Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara


· Menjelaskan pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bernegara






· Menjelaskan tujuan ditetapkannya  hukum dalam suatu negara

· Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidup an sehari-hari


Norma -norma dalam masyarakat

· Menjelaskan pengertian dan pembagian  hukum
· Menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat
· Menjelaskan tujuan dan fungsi  hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
· Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari


Tes tulis


Tes pilihan ganda


Masyarakat memerlukan norma hukum,karena….
A.    ingin  berbuat yang terbaik badi dirinya
B.    belum semua kepentingan  terwadahi dalam
C.   tidak semua orang mentaati norma yang ada
D.   hendak mewujudkan kepastian hukum

Tujuan ditetapkannya norma hukum adalah untuk mewujudkan ....
A.    keadilan
B.    kepastian hukum
C.   ketertiban dalam  masyarakat*
D.   kebahagiaan bagi masyarakat

Ketika kamu pulang sekolah melihat seorang pencuri sedang dikeroyok . Apa yang akan kamu lakukan?
A.    membiarkan saja
B.    melaporkan ke pihak berwajib
C.   melerainya
D.    mengajak teman  ikut mengeroyok

8 x 40’


Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda, artikel/berita di media massa,  dan lain-lain

1.3 Menerapkan nor   ma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan bernegara
·  Perlunya penerapan  norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

Norma -norma dalam masyarakat
·  Menjelaskan pentingnya penerap an  norma , kebiasa an dan adat istiadat Menganalisis akibat yang akan ditimbulkan bila tidak menerapkan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat

Portofo
lio
Dokumen pekerjaan siswa
laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya.
Aspek-aspek yang dinilai :
1.    Ketepatan mengumpulkan tugas
2.    Kerapihan
3.    Isi atau materi yang dilaporkan
4.    Sumber data jelas
4 x 40’


Buku teks, contoh norma,
Tokoh agama, tokoh adat,
Ketua RT/RW
Orang tua
SILABUS

Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan




·     Menguraikan perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan

·     Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa

·     Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Menelaah dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia

Tes tulis






Tes tulis





Tes lisan







Daftar pertanyaan





Daftar pertanyaan




Daftar pertanyaan

Sebutkan perlawanan-perlawanan  yang dilakukan setelah tahun 1908  dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!




Jelaskan pentingnya kemerdekaan bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!



Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?

Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
4 x 40’

Buku teks, artikel dll

2.2 Mendeskripsikan suasanakebatinan konstitusi pertama

·     Mengjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945
·     Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945

·     Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Membaca , mendiskusikan dan melaporkan  suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
Tes lisan



Tes lisan





Tes unjuk kerja
Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan





Tes identifikasi
Siapa di antara kalian yang bisa menggambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18—1945?


Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945!
Pembukaan UUD 1945 dinyatakan sebagai pernyataan proklamasi secara rinci.
Uraikan apa makna pernyataan di atas

Tugas :
Membaca UUD 1945 hasil perubahan ke-empat
8 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan

2.3 Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama

·     Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama
Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945

Membuat karangan singkat tentang makna proklamasi bagi kehidupannya di masyarakat
Kuesio
ner

Daftar
ceklist
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

YA

TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


3
UUD 1945 petrtama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


4
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945


5



Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan
Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI

SILABUS


Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : II ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM


· Menyebutkan berbagai instrumen HAM






· Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional












Perlindungan dan Penegakkan HAM

Membaca dan mendiskusi kan materi tentang tugas peran lembaga-lembaga perlindungan HAM, seperti : Komnas Hak Asasi Manu sia;Yayasan Lembaga Ban tuan Hukum Indonesia; Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeras an dan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat


Tes tulis








Tes tulis


Tes
Pilihan Ganda
Uraian





Tes
Pilihan Ganda
Uraian


Berikut ini merupakan instrumen HAK ASASI MANUSIA nasional, kecuali :
A. Kepres No. 36 Ta
B. UU No. 8 Tahun 1998
C. UU No. 32 Tahun 2004
D. UU No. 39 Tahun 1999



Lahirnya perundang-undangan HAK ASASI MANUSIA nasional terutama di latar belakangi hal-hal  berikut ini, kecuali:
A.   komitmen untuk melaksanakan UDHR
B.   desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis
C.  melaksanakan amanat Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA
D.  supaya paHak Asasi Manusia perorangan (individualisme) tergeser paham kekeluargaan (kolektivisme)


4 X 40

























Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM

3.2     Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM

· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia



· Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM

Perlindungan dan Penegakkan HAM
Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggar an HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
Tes lisan






Penuga
san


Penuga
san




Daftar
Pertanyaan




Tugas rumah


Tugas
Proyek



·    Siapa di antara kalian yang bisa mengemukakan apa yang dimak sud pelanggaran HAM?
·    Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal kalian!

Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM

Tugas :
Mengunjungi  atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang uapaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya
4 x 40’













Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa
Aparat kepolisian

3.3     Menghargai upa ya perlindungan HAM


· Menguraikan lembaga perlindungan HAM







· Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM


Perlindungan dan Penegakkan HAM

Membaca, mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia


Tes tulis









Tes tulis

Tes
Uraian








Tes
Pilihan Ganda






Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
a.    Komnas Hak Asasi Manusia
b.    Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
c.    Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan
d.    Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat

Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan hak asasi manusuai yang terdapat dalam pasal 28, khususnya ayat....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


8 x 40’











Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Komnas HAM
YLBHI
Kontras
LSAM
3.4     Menghargai upa ya penegakkan HAM

· Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya
· Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya

Perlindungan dan Penegakkan HAM
Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakkan HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
Kuesio
ner

Skala sikap
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Orang tua yang melalukan pel anggaran HAM harus diadili se suai dengan tingkat kesalahannya





2
Upaya penega kan HAM ha rus dimulai dari keluarga





3
Guru adalah salah satu aparat pene gak HAM di sekolah





4
Kewajiban me negakkan HAM terletak  ditangan apara tur kepolisian dan LSM peme r hati HAM





5
Guru yang me nempeleng sis wanya karena tidak menger jakan PR ada    lah bentuk upa ya penega kan HAM di kelas





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )




4 x 40’
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Piagam HAM,
UU no.39 th 1999 ttg HAM,
Media massa
Anggota kepolisian
Tokoh masyarakat


SILABUS

Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat

·  Menjelaskan hakekat kemerdekaan menge mukakan pendapat 










·  Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat
·  Mendeskripsikan konsekuensi kebe basan mengemu kakan penda pat tanpa

Kemerdekaan mengemukakan pendapat

Mengamati , mencermati dan membuat laporan ten tang pelaksanaan kemerde kaan mengemukakan pen dapat di lingkungan kelu arga, sekolah dan masya rakat sekitar tempat tinggal

Tes tulis














Tes lisan



Tes
lisan

Tes Pilihan Ganda













Daftar pertanyaan



Daftar pertanyaan





Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap...
A.   WNI 
B.    WNA
C.    Penduduk
D.    Manusia

Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyam paikan pendapat di muka umum ....
A.      demonstrasi
B.      pawai
C.     rapat umum
D.     mimbar bebas

Bagaimana pendapat kalian, apa akibatnya kalau terhadap kebebasan  mengemukakan pendapat  dila kukan pembatasan-pembatasan?

Kemukakan oleh kalian, apa akibatnya kalau dalam  mengemu kakan pendapat  tanpa dilakukan pembatasan-pembatasan?
8 x 40’



























Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

·    Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat




·    Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab





·    Mengemukakan tata cara mengemuka kan pendapat seca ra bebas dan bertanggung jawab



Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Diskusi mempraktekkan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab de ngan tema “ Larangan mero kok di kalangan pelajaran SMP”. Siswa diminta mela porkan tentang kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut .
Tes
tulis







Tes
tulis









Tes
tulis

Tes
Pilihan Ganda






Tes
Pilihan Ganda








Tes
Pilihan Ganda
UUD 1945 memberikan jaminan ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertu ang dalam ....
A.   Pasal 27
B.   Pasal 28
C.  Pasal 29
D.  Pasal 30

Dalam menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggungjawab untuk, kecuali :
A.   menjaga keutuhan, persatuan  dan kesatuan bangsa
B.   menjaga keamanan dan ketertiban
C.   menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu
D.   menghormati hak dan kebebasan orang lain

Demonstrasi merupakan salah satu perwujudan mengemukakan penda pat secara bebas dan bertanggung jawab. 
Sebelum melakukan demonstrasi pimpinan demo terlebih dahulu harus....
A.   mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo
B.   mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo
C.   mengajak organisasi lain untuk berdemo
D.   melaporkan dan meinta izin ke aparat berwenang





4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat
4.3Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
·  Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati , mencermati dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal
Kuesi
oner
Skala sikap
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Bagi kelompok yang akan ber demo diahrus kan meminta izin terlebih dahulu





2
Dalamberdemo harus jelas sia yang menjadi papimpinan, berapa jumlah peserta dan apa yang akan disampaikan nya





3
Hari Minggu ti dak boleh mela kukan demo





4
Membakar poto presiden, dan  lambang negara dalam berdemo meru pakan tindakan pidana





5
Berdemo yang disertai peng rusakan fasili tas umum merupakan tindakan anrkis





Keterangan:
SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )


4 x 40’

Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan,
Media massa
UU Parpol
Tokoh masyarakat




SILABUS

Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VIII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi  : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara


·      Menjelaskan  pentingnya ideologi  bagi suatu bangsa dan negara








·      Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara









·      Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh



Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara

Membaca dan mendiskusikan isi tulisan tentang  Pancasila sebagai dasar da ideologi negara RI



Tes Tulis











Penugasan












Tes tulis


Tes
Pilihan ganda









Tugas rumah











Tes Uraian


Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
A.    menjadi bangsa yang kuat
B.   memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
C.   mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
D.   mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya

Bacalah buku atau artikel tentang proses perumusan Pancasla sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI tgl. 29 Mei-1 Juni 1945.  Buatlah ringkasan isi tulisan tersebut sepanjang kira-kira satu halaman dan kumpulkan hasilnya!




Sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jelaskan maksudnya dan berikan contoh tentang sila Persatuan Indonesia!

4x40’



Buku teks,
buku atau tulisan tentang Pancasila

,


1.2. Menguraikan  nilai-nilai Pancasila  sebagai  dasar negara  dan ideologi negara



·      Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama


·      Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia











·      Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila




Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara

Membaca dan mengamati nilai-nilai Pancasila



Tes tulis





Penugasan














Tes tulis


Tes
Uraian




Tugas proyek













Tes
Pilihan ganda



Istilah Pancasila sudah ditemukan dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca. Uraikan isi Pancsila tersebut!

Bagilah kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok  adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok Anda!

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah ....
A.   menghargai perbedaan pendapat
B.   menghragai hasil karya orang lain
C.   memiliki semangat gotong-royong
D.   menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*


4 x 40’


Buku teks,
buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila

1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

·      Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila




·      Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa


·      Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
Mengamati dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Tes tulis







Tes tulis







Tes tulis


Tes
Uraian






Tes
Uraian






Tes
Uraian

Pemberontakan G 30 S/PKI merupakan penghianatan terhadap Pancasila. Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara!

Pancasila merupakan dasar negara yang dapat mempersatukan bangsa. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung pernyataan tersebut!


Pancasila merupakan dasar negara yang seharusnya melandasi semua peraturan perundang-undangan. Tunjukkan hal-hal yang positif jika pernyataan tersebut benar-benar dilaksanakan!
2 x 40’


Buku teks, UUD 1945


1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat

·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik





·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi


·      Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial


Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
Mengamati dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Penugasan








Tes tulis





Penugasan
Tugas proyek







Tes
Uraian




Tugas
rumah
Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!

Tunjukkan sikap positif  seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran!

Di kota-kota besar sering kita temui suatu kampung yang penduduknya berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka hidup dengan rukun dan damai. Hal yang demikian mencerminkan sikap positif positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya!

2 x 40’


Buku teks, buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila



















SILABUS

Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VIII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

2.1.Menjelaskan ber-bagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia


·      Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945

·      Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS

·      Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950

Sejarah
Perkembangan UUD 1945

Menelaah isi buku tentang perkembangan konstitusi dan UUD 1945.


Tes tulis





Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian




Tes
Uraian



Tes
Uraian


Jelaskan pengertian negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik!


Dalam sistem Konstitusi RIS terdapat negara di dalam negara. Jelaskan maksudnya!


Dalam sistem UUDS 1950, Indonesia menerapkan bentuk republik parlementer. Jelaskan maksudnya!


2x 40’


Buku teks, UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950


2.2.   Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia

·      Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949




·      Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi

·      Menunjukkan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengkaji penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD

Tes tulis








Tes tulis








Tes tulis



Tes
Pilihan ganda






Tes
Uraian







Tes
Uraian

Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
A.   pemberlakuan UUDS
B.   berlakunya sistem parlementer*
C.   pembubaran Konstituante
D.   penangkatan Presiden seumur hidup
Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama, 1949-1965!





Pada masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh Presiden. Demikian pula pada masa Orde Baru, sebagian anggota DPR dipilih oleh Presiden. Jelaskan akibatnya!
2 x 40’

Buku teks, buku tentang perkembangan ketatanega-raan republik Indonnesia


2.3.   Menunjukkan  hasil-hasil amandemen UUD 1945


·      Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945

·      Menjelaskan proses amandemen atau perubahan UUD 1945

·      Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengkaji amandemen atau perubahan UUD 1945

Tes Tulis






Tes tulis





Penugasan


Tes
Uraian





Tes
Uraian




Tugas rumah


Pada masa Orde Baru berkembang kemauan politik yang bermaksud mampertahankan UUD 1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
Jelaskan prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945!




Buatlah identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002.

2 x 40’


UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945

2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen
·      Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945


·      Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi

·      Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia

Sejarah
Perkembangan UUD 1945
Mengamati respon terhadap amandemen UUD 1945

Tes tulis






Tes
tulis







Tes
tulis

Tes
Uraian





Tes
Uraian







Tes
Uraian
Jelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 dalam menghadapi berbagi perubahan!



Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi!





Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap  perlindungan terhadap HAM!
2 x 40’

UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945











SILABUS

Nama Sekolah               : ................................................
Kelas                                       : VIII
Mata pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                       : 1 ( satu )
Standar Kompetensi      : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

3.1  Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional

·     Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan

·     Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan

·     Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional


Peraturan Perundang-undangan nasional

Membaca isi Undang-Undang No. 10/Tahun 2004



Tes tulis






Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian





Tes
Urian



Tes
Pilihan ganda


Kedudukan UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan. Jelaskan maksudnya!


Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!


Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah Undang-Undang adalah ....
A.   Ketetapan MPR
B.    Peraturan Pemerintah*
C.   Peraturan Presiden
D.   Keputusan Presiden







2x40’



Buku teks, Buku
UU No.10/ 2004 tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan,



3.2. Mendeskripsikan proses
       pembuatan peraturan perundang-undangan nasional


·     Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang


·      Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah

Peraturan Perundang-undangan nasional

Mengkaji proses pembuatan peraturan perundang-undangan



Penugasan




Penugasan


Tugas rumah



Tugas rumah



Jelaskan prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga pengesahannya!

Jelaskan prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan peraturan daerah hingga pengesahannya!.

4 x 40’


Buku teks, artikel, berita surat kabar


3.3.Menaati peratur-an perundang-undangan nasional

·     Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan

·     Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan
Peraturan Perundang-undangan nasional
Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap peraturan perundang-undangan



Tes tulis







Penugasan

Tes
Uraian






Tugas rumah

Jelaskan hubungan antara isi pasal 27 ayat (1) dengan keberadaan peraturan perundang-undangan!




Buatlah identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulissekurang-kurangnya sepuluh contoh sikap atau perbuatan!
4 x 40’

Buku teks, artikel, berita surat kabar


3.4. Mengidentifi kasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia


·     Menunjukkan upaya pemberan-tasan korupsi di Indonesia


·     Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah

Peraturan Perundang-undangan nasional


Mengamati pemberitaan media masa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi


Tes tulis





Penugasan

Tes
Uraian




Tugas rumah

Jelaskan pengaruh Undang– Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia!
Buatlah identifikasi kasus korupsi  di daerah  Anda yang  sedang disidangkan atau telah divonis oleh pengadilan!
2 x 40’

Buku teks, berita media masa


3.5. Mengidenifi kasi pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia

·     Merumuskan pengertian korupsi

·     Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi

·     Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi
Peraturan Perundang-undangan nasional
Mengkaji UU No. 29 Thn 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN
UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis


Tes
Uraian


Tes
Uraian



Tes
Uraian
Buatlah pengertian korupsi menurut pengertian Anda!


Sebutkan landasan hukum pemberan tasan korupsi di Indonesia!


Sebutkan lembaga-lembaga pemberan tasan korupsi di Indonesia!
4 x 40’
UU No. 29 Thn 1999
UU No. 31 Thn 1999

















SILABUS

Nama Sekolah               : ................................................
Kelas                                       : VIII
Mata pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                       : II ( dua )
Standar Kompetensi      : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

4.1    Menjelaskan hakikat demokrasi



·      Menjelaskan
pengertian demokrasi

·      Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi






·      Menguraikan macam-macam demokrasi



Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

Menelaah buku atau artikel tentang  demokrasi dan perkembangannya


Tes



Tes tulis









Tes tulis


Tes
Uraian


Tes
Pilihan ganda







Tes
Pilihan ganda


Jelaskan pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis!

Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat  terlaksana karena....
A. jumlah penduduk
    nya sedikit*
B. permasalahannya sederhana
C. kehidupan politik-nya stabil
D.  Masyarakatnya homogen

Demokrasi yang diterapkan di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi ....
A.  rakyat
B.  liberal*
C.  totaliter
D.  terpimpin




4 x 40’



Buku teks, artikel dll


4.2    Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara


·      Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi

·      Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik

·      Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi

Demokrasi dalam ber bagai aspek kehidupan
Menelaah buku atau artikel tentang kehidupan demokrasi

Tes tulis




Tes tulis






Tes tulis


Tes
Uraian



Tes
Uraian





Tes
Uraian


Jelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama!


Tunjukkan cara-cara pemilihan Presiden secara demokratis!





Tunjukkan bahwa koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!


4 x 40’


Buku teks, artikel dll



4.3    Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan


·      Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi

·      Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat



Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan

Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap demokratisasi

Penugasan



Tes tulis

Tugas rumah


Tes
Uraian

Tunjukkan kebaikan budaya demokrasi dibanding budaya otoriter!

Jika suatu ketika Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda lakukan terhadap berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat!


8 x 40’

Buku teks, artikel, pemberitaan media masa



SILABUS

Nama Sekolah               : ................................................
Kelas                                       : VIII
Mata pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                       : II ( dua )
Standar Kompetensi      : 5. Memahami kedaulatan rakya dan sistem pemerintahan di Indonesia


KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat



·     Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat

·     Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat


Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia

Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945



Tes tulis



Tes tulis



Tes
Uraian


Tes
Uraian



Jelaskan pengertian kedaulatan rakyat!


Jelaskan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat!


8 x 40’



Buku teks, UUD 1945


5.2.   Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat

·     Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer

·     Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945


Tes tulis






Tes tulis


Tes
Uraian





Tes
Uraian


Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan sistem pamerintahan parlementer



Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!





8 x 40’


Buku teks, UUD 1945, UUDS 1950, Konstitusi RIS


5.3.   Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia

·     Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat



·     Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia

Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia
Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat
Tes tulis





Tes tulis


Tes
Uraian




Tes
Uraian


Setujukah Anda jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu, dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasan Anda!

Setujukah Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan
4 x 40’
Buku teks, artikel, pemberitaan media masa






















SILABUS

Nama Sekolah               : ................................................
Mata pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       : IX
Semester                       : 1 ( satu )
Standar Kompetensi     : 1. Menampilakan dalam usaha pembelaan negara

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara









·       Menguraikan unsur-unsur negara



·       Menentukan fungsi negara


·       Menemukan hak – hak dan kewajiban kewajiban warga negara






Pembelaan Negara















Membuat laporan pelaksanaan bela negara di lingkungan tempat tinggalnya












Tes tulis




Tes tulis



Tes tulis


Tes Lisan




Tes
Uraian


Tes
Pilihan ganda



Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara



Sebutkan 4 fungsi negara yang mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara

Salah satu kewajiban warga negara Indonesia adalah :
A.   Mengeluarkan pendapat
B.   Mendapat pendidikan
C.   Membela negara
D.   Mendapat pelindungan hukum
4 x 40’












Buku Materi pokok tentang Pembelaan Negara












    Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara











·       Menguraikan unsur-unsur negara

·       Menentukan fungsi negara


·       Menemukan hak – hak dan kewajiban kewajiban warga negara





Pembelaan Negara













Membuat laporan pelaksanaan bela negara di lingkungan tempat tinggalnya










Tes tulis


Tes tulis



Tes tulis






Lisan


Uraian



Tes
Pilihan ganda





Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara

Sebutkan 4 fungsi negara yang mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara

Salah satu kewajiban warga negara Indonesia adalah :
A.       Mengeluarkan pendapat
B.       Mendapat pendidikan
C.       Membela negara
D.       Mendapat pelindungan hukum
4 x 40’
















Buku Materi pokok tentang Pembelaan Negara








    Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara















·       Mengidentifikasi peraturan per undang-undangan tentang wajib bela negara


·       Menunjukan  contoh tindakan yang menunjukkan upaya membela negara









Pembelaan Negara

















Mengidentifikasi Perundang – undangan yang berhubungan dengan bela negara















Tes tulis





Tes tulis












Tes Lisan





Tes
Pilihan ganda










Sebutkan Pasal dalam UUD’45 yang mengatur tentang kewajiban membela negara bagi warga negara Indonesia

Pada saat  Indonesia da lam keadaan bahaya seo rang warga negara hendaknya ...
A.   Menyelamatkan diri menghindari bahaya
B.   Mendorong TNI mengadapi ancaman
C.   Menyuruh orang lain untuk memberikan perlawanan
D.   Bersama TNI menghadapi  musuh
4 X 40


















Guntingan koran/Kliping

















1.4 Menampilkan   peran serta dalam usaha pembelaan negara

·       Menentukan sikap terhadap pihak-pihak tertentu yang ingin menghancurkan NKRI







·       Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya

Pembelaan Negara
Mengkaji tulisan tentang berbagai ancaman terhadap integritas NKRI, baik dari luar maupun dari dalam


Tes tulis










Tes tulis
Tes
Pilihan Ganda








Tes
Pilihan
Ganda

Sikap Seorang warga negara Indonesia Terhadap pihak – pihak yang akan menghancurkan NKRI hendaknya ....
A.   Mendorong
B.   Mencegah
C.   Membiarkan
D.   membantu

Salah satu upaya pem belaan negara diling kungannya adalah ....
A.   Membersihkan lingkungan
B.   Menjadi anggota panguyuban warga
C.   Menjadi anggota tim peduli lingkungan
D.   Ikut aktif kegiatan SISKAMLING
8 X 40
Buku teks, berita surat kabar, atikel











SILABUS

Nama Sekolah                  : ................................................
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               : IX
Semester                         : 1 ( satu )
Standar Kompetensi          : 2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1     Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah










·       Menemukan hakekat otonomi daerah

·       Menemukan rumusan tujuan pembentukanotonomi daerah






Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah







Mengamati penyelenggara- an pemerintah- an daerah










Tes Lisan


Tes
Lisan







Daftar
Pertanyaan


Daftar
Pertanyaan







Jelaskan hakekat otonomi daerah


Sebutkan empat diantara tujuan rumusan pemberian otonomi daerah

8 x 40










Buku teks, UU No. 32 Thn 2004,










2.2     Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
·       Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah









·       Menganalisis konsekuensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah
Mengkaji pemberitaan  tentang peraturan daerah dan kebijakan pemerintah daerah di daerahnya masing-masing
Tes tulis













Tes tulis









Tes
Pilihan ganda











Tes
Pilihan ganda
 
Bentuk partisipa si masyarakat dalam pelaksa naan otonomi daerah dibidang ekonomi adalah ....
A.   Melaksanakan tugas sesuai dengan  kewajibannya
B.   Membayar  PBB
C.   Membantu masyarakat mengaman kan lingkung an
D.   Mematuhi aturan yang berlaku di masyarakat
Dibawah ini adalah per nyata an yang menunjuk an konseku ensi Akibat keti dak aktifan masyara kat dalam perumusan dan pelaksanaan kebija kan publik kecuali, ....
A.      Kebijakan publik yang di buat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
B.      Kebijakan publik hanya menguntung kan kelompok atau golongan tertentu
C.      Kebijakan publik dapat dimanfaatkan oknum – oknum yang tidak bert anggung jawab
D.      Kebijakan publik yang dikeluarkan dapat meng ayomi masyarakat
8 X 40
Guntingan Koran/Kliping












SILABUS

Nama Sekolah                  : ................................................
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               : IX
Semester                         : II ( dua )
Standar Kompetensi          : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
3.1.  Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia

·  Menjelaskan makna globalisasi

·  Mengguraikan dampak globali sasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat

Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan

Mengamati masuknya produk-produk luar negeri serta berita-berita internasional
Tes lisan



Tes lisan











Tes
Uraian


Tes
Uraian










Apa yang dimaksud globalisasi ?


Sebutkan lima dampak positif dan lima negatif globalisasi!

4x40’

Media cetak dan elektronik

3.2.  Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global

·   Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
·   Peranan Indonesia dalam percaturan Internasional
Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan

Mengkaji buku tentang politik luar negeri RI

Tes lisan




Tes Lisan




Tes
Uraian



Tes Uraian



Jelaskan apa yang dimaksud dengan politik luar negeri bebas aktif?


Peranan apa yang bisa dilakukan bangsa Indonesia dalam menghadapi kekacuan di Timor Timur?
8 X 40

Buku teks, media cetak dan elektronik

3.3  Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

·   Menilai dampak globali sasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara

·   Menjelaskan dampak globalisasi bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan

·  Mengamati dan mengkaji peranan Indonesia dalam percaturan Internasional dan dampak globalisasi

Tes lisan






Tes Lisan

















Tes
Uraian





Tes Uraian
















Indonesia sama sekali tidak ingin terlibat dalam konflik antar negara. Jelaskan alasannya!



Tunjukkan peranan Indonesia dalam memajukan kawasan Asia Tenggara
8 X 40

Media cetak dan elektronik, tokoh 
masyarakat

3.4     Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
·  Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernagara




·  Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan
Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya











Tes lisan










Penugasan



Tes tulis



Tes tulis




Penugasan






Tes
Uraian









Tugas rumah


Tes
Lisan


Tes
Lisan



Tugas
rumah





Bacalah surat  
Kabar menyangkut berbagai pengaruh asing. Buatlah komentar atau penilaian pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi!

Jelaskan dampak globali sasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan budaya!


Tunjukkan dampak posi tif globalisasi. Kemuka kan sikap Anda terhadap hal tersebut!

Tunjukkan dampak negatif globalisasi. Kemukakan sikap Anda terhadap hal tersebut

Buat karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan siswa di sekolah saya

Buat karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan gaya hidup remaja di sekitar tempat tinggal siswa
4 X 40
Guntingan koran/ Kliping












SILABUS

Nama Sekolah                  : ................................................
Mata pelajaran                  : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                               : IX
Semester                         : II ( dua )
Standar Kompetensi          : 4. Menampilkan  prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa

KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER
BELAJAR
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
4.1  Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa

·        Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa

·        Macam – macam prestasi diri
Prestasi Diri
Mengkaji berbagai tulisan atau pemberita-an yang berkait- an dengan prestasi diri

Tes tulis






Tes tulis






Tes
Lisan





Tes
Lisan






Apa yang dimaksud prestasi diri ?





Bagaimana cara mengenal potensi diri?

4 x 40’

Buku Materi Pokok Prestasi Diri

4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
·        Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampu-an
·        Pentingnya menggali prestasi diri

Prestasi Diri
Menginventarisir potensi diri

Penugasan





Penugasan





Tugas rumah




Tugas rumah




Kemukakan aktivitas prestasi  diri yang anda miliki




Kenali dirimu sendiri dan kembangkan prestasi yang kau miliki!
4 X 40

Koran/ Kliping

4.3  Menampil-kan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa
·        Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
·        Prestasi diri perlu dikembangkan untuk mencapai keunggulan bangsa
Prestasi diri
Mengidentifikasi aktivitas yang menunjukkan prestasi diri




Penugasan










Penugasan







Tugas rumah









Diskusikan
Coba sebutkan beberapa potensi, bakat,atau ke mampuan yang ada pada dirimu.







Apa yang perlu kau lakukan untuk mengembangkan potensi dirimu itu. Diskusikan atau konsultasi kan dengan teman atau orang lain yang lebih dewasa! Laporkan hasilnya!

4 X 40
Gambar tokoh – tokoh yang berprestasi







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar