Sekolah : ................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi: 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat | · Menjelaskan hakekat norma · Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat · Menguraikan macam-macam norma | Norma -norma dalam masyarakat | ·Mencari informasi dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat Minang Kabau ·perbedaan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat Minang Kabau ·Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dimasyarakat Minang Kabau ·Membuat laporan | Tes tulis | Tes Uraian | 1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma! 2. Jelaskan apa manfaat norma bahi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat! 3. Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat! | 8 x 40’ | Buku teks, contoh norma, Tokoh masyarakat artikel/berita di media massa, dan lain-lain |
1.2. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara | · Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara · Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara · Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidup an sehari-hari | Norma -norma dalam masyarakat | · Menjelaskan pengertian dan pembagian hukum · Menjelaskan perbedaan hukum publik dan hukum privat · Menjelaskan tujuan dan fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara · Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Masyarakat memerlukan norma hukum,karena…. A. ingin berbuat yang terbaik badi dirinya B. belum semua kepentingan terwadahi dalam C. tidak semua orang mentaati norma yang ada D. hendak mewujudkan kepastian hukum Tujuan ditetapkannya norma hukum adalah untuk mewujudkan .... A. keadilan B. kepastian hukum C. ketertiban dalam masyarakat* D. kebahagiaan bagi masyarakat Ketika kamu pulang sekolah melihat seorang pencuri sedang dikeroyok . Apa yang akan kamu lakukan? A. membiarkan saja B. melaporkan ke pihak berwajib C. melerainya D. mengajak teman ikut mengeroyok | 8 x 40’ | Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda, artikel/berita di media massa, dan lain-lain |
1.3 Menerapkan nor ma-norma, kebi asaan-kebiasa an, adat istia dat dan peratur an yang berlaku dalam kehidup an bermasyara kat, berbangsa dan bernegara | · Perlunya penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat | Norma -norma dalam masyarakat | · Menjelaskan pentingnya penerap an norma , kebiasa an dan adat istiadat Menganalisis akibat yang akan ditimbulkan bila tidak menerapkan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat | Portofo lio | Dokumen pekerjaan siswa | laporan tentang jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Aspek-aspek yang dinilai : 1. Ketepatan mengumpulkan tugas 2. Kerapihan 3. Isi atau materi yang dilaporkan 4. Sumber data jelas | 4 x 40’ | Buku teks, contoh norma, Tokoh agama, tokoh adat, Ketua RT/RW Orang tua |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan | · Menguraikan perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan · Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa · Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | Menelaah dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia | Tes tulis Tes tulis Tes lisan | Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan | Sebutkan perlawanan-perlawanan yang dilakukan setelah tahun 1908 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia! Jelaskan pentingnya kemerdekaan bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa! Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat? Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini! | 4 x 40’ | Buku teks, artikel dll | ||||||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan suasanakebatinan konstitusi pertama | · Mengjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 · Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945 | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | Membaca , mendiskusikan dan melaporkan suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 | Tes lisan Tes lisan Tes unjuk kerja | Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan Tes identifikasi | Siapa di antara kalian yang bisa menggambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18—1945? Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945! Pembukaan UUD 1945 dinyatakan sebagai pernyataan proklamasi secara rinci. Uraikan apa makna pernyataan di atas Tugas : Membaca UUD 1945 hasil perubahan ke-empat | 8 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan | ||||||||||||||||||||||||||||
2.3 Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama | · Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama | Hubungan Proklamasi kemerdekaan dengan UUD 1945 | Membuat karangan singkat tentang makna proklamasi bagi kehidupannya di masyarakat | Kuesio ner | Daftar ceklist | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: Ya= sependapat dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif) Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif) | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM | · Menyebutkan berbagai instrumen HAM · Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Membaca dan mendiskusi kan materi tentang tugas peran lembaga-lembaga perlindungan HAM, seperti : Komnas Hak Asasi Manu sia;Yayasan Lembaga Ban tuan Hukum Indonesia; Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekeras an dan Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat | Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan Ganda Uraian Tes Pilihan Ganda Uraian | Berikut ini merupakan instrumen HAK ASASI MANUSIA nasional, kecuali : A. Kepres No. 36 Ta B. UU No. 8 Tahun 1998 C. UU No. 32 Tahun 2004 D. UU No. 39 Tahun 1999 Lahirnya perundang-undangan HAK ASASI MANUSIA nasional terutama di latar belakangi hal-hal berikut ini, kecuali: A. komitmen untuk melaksanakan UDHR B. desakan masyarakat untuk mengembangkan kehidupan yang lebih demokratis C. melaksanakan amanat Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAK ASASI MANUSIA D. supaya paHak Asasi Manusia perorangan (individualisme) tergeser paham kekeluargaan (kolektivisme) | 4 X 40 | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM | · Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia · Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggar an HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | Tes lisan Penuga san Penuga san | Daftar Pertanyaan Tugas rumah Tugas Proyek | · Siapa di antara kalian yang bisa mengemukakan apa yang dimak sud pelanggaran HAM? · Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah dan lingkungan tempat tinggal kalian! Tugas : Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM Tugas : Mengunjungi atau mewawancarai anggota kepolisian setempat tentang uapaya yang dilakukannya dalam rangka penanganan pelanggran HAM di wilayahnya | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa Aparat kepolisian | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 Menghargai upa ya perlindungan HAM | · Menguraikan lembaga perlindungan HAM · Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Membaca, mendiskusikan dan membuat laporan tentang pasal-pasal UUD 1945 hasil perubahan yang memuat kandungan Hak Asasi Manusia | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Pilihan Ganda | Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini! a. Komnas Hak Asasi Manusia b. Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia c. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekersan d. Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. Pernyataan ini merupakan rumusan jaminan hak asasi manusuai yang terdapat dalam pasal 28, khususnya ayat.... A. (1) B. (2) C. (3) D. (4) | 8 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM, Komnas HAM YLBHI Kontras LSAM | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4 Menghargai upa ya penegakkan HAM | · Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya · Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya | Perlindungan dan Penegakkan HAM | Mengamati , mencermati dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakkan HAM di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | Kuesio ner | Skala sikap | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Piagam HAM, UU no.39 th 1999 ttg HAM, Media massa Anggota kepolisian Tokoh masyarakat |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1 Menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat | · Menjelaskan hakekat kemerdekaan menge mukakan pendapat · Mengkaji akibat pem batasan kemerdekaan mengemukakan pendapat · Mendeskripsikan konsekuensi kebe basan mengemu kakan penda pat tanpa | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | Mengamati , mencermati dan membuat laporan ten tang pelaksanaan kemerde kaan mengemukakan pen dapat di lingkungan kelu arga, sekolah dan masya rakat sekitar tempat tinggal | Tes tulis Tes lisan Tes lisan | Tes Pilihan Ganda Daftar pertanyaan Daftar pertanyaan | Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap... A. WNI B. WNA C. Penduduk D. Manusia Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyam paikan pendapat di muka umum .... A. demonstrasi B. pawai C. rapat umum D. mimbar bebas Bagaimana pendapat kalian, apa akibatnya kalau terhadap kebebasan mengemukakan pendapat dila kukan pembatasan-pembatasan? Kemukakan oleh kalian, apa akibatnya kalau dalam mengemu kakan pendapat tanpa dilakukan pembatasan-pembatasan? | 8 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Media massa UU Parpol Tokoh masyarakat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | · Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat · Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab · Mengemukakan tata cara mengemuka kan pendapat seca ra bebas dan bertanggung jawab | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | Diskusi mempraktekkan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab de ngan tema “ Larangan mero kok di kalangan pelajaran SMP”. Siswa diminta mela porkan tentang kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut . | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda | UUD 1945 memberikan jaminan ter hadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertu ang dalam .... A. Pasal 27 B. Pasal 28 C. Pasal 29 D. Pasal 30 Dalam menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggungjawab untuk, kecuali : A. menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa B. menjaga keamanan dan ketertiban C. menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu D. menghormati hak dan kebebasan orang lain Demonstrasi merupakan salah satu perwujudan mengemukakan penda pat secara bebas dan bertanggung jawab. Sebelum melakukan demonstrasi pimpinan demo terlebih dahulu harus.... A. mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo B. mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo C. mengajak organisasi lain untuk berdemo D. melaporkan dan meinta izin ke aparat berwenang | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Media massa UU Parpol Tokoh masyarakat | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3Mengakuatlisasikan kemerdekaan mengemuka kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | · Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab | Kemerdekaan mengemukakan pendapat | Mengamati , mencermati dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingku ngan keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal | Kuesi oner | Skala sikap | Petunjuk! Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan: SS= Sangat Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif ) S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) N = Tidak Berpendapat/Netral ( skor 3 ) TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif ) STS = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif ) | 4 x 40’ | Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan, Media massa UU Parpol Tokoh masyarakat |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 1. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara | · Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara · Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara · Menjelaskan pengertian Pancasila sebagai satu kesatuan yang bulat dan utuh | Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara | Membaca dan mendiskusikan isi tulisan tentang Pancasila sebagai dasar da ideologi negara RI | Tes Tulis Penugasan Tes tulis | Tes Pilihan ganda Tugas rumah Tes Uraian | Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan .... A. menjadi bangsa yang kuat B. memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan* C. mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain D. mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya Bacalah buku atau artikel tentang proses perumusan Pancasla sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI tgl. 29 Mei-1 Juni 1945. Buatlah ringkasan isi tulisan tersebut sepanjang kira-kira satu halaman dan kumpulkan hasilnya! Sila-sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jelaskan maksudnya dan berikan contoh tentang sila Persatuan Indonesia! | 4x40’ | Buku teks, buku atau tulisan tentang Pancasila , |
1.2. Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara | · Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama · Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia · Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila | Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara | Membaca dan mengamati nilai-nilai Pancasila | Tes tulis Penugasan Tes tulis | Tes Uraian Tugas proyek Tes Pilihan ganda | Istilah Pancasila sudah ditemukan dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca. Uraikan isi Pancsila tersebut! Bagilah kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok Anda! Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah .... A. menghargai perbedaan pendapat B. menghragai hasil karya orang lain C. memiliki semangat gotong-royong D. menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat* | 4 x 40’ | Buku teks, buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila |
1.3. Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | · Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila · Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa · Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa | Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara | Mengamati dan menunjukkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Pemberontakan G 30 S/PKI merupakan penghianatan terhadap Pancasila. Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkannya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara! Pancasila merupakan dasar negara yang dapat mempersatukan bangsa. Tunjukkan bukti-bukti yang mendukung pernyataan tersebut! Pancasila merupakan dasar negara yang seharusnya melandasi semua peraturan perundang-undangan. Tunjukkan hal-hal yang positif jika pernyataan tersebut benar-benar dilaksanakan! | 2 x 40’ | Buku teks, UUD 1945 |
1.4. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat | · Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik · Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi · Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial | Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara | Mengamati dan menampilkan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sehari-hari | Penugasan Tes tulis Penugasan | Tugas proyek Tes Uraian Tugas rumah | Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya! Tunjukkan sikap positif seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran! Di kota-kota besar sering kita temui suatu kampung yang penduduknya berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka hidup dengan rukun dan damai. Hal yang demikian mencerminkan sikap positif positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! | 2 x 40’ | Buku teks, buku atau tulisan tentang nilai-nilai Pancasila |
SILABUS
Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : I ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Memahami berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
2.1.Menjelaskan ber-bagai konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia | · Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945 · Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS · Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950 | Sejarah Perkembangan UUD 1945 | Menelaah isi buku tentang perkembangan konstitusi dan UUD 1945. | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pengertian negara Indonesia sebagai negara kesatuan yang berbentuk republik! Dalam sistem Konstitusi RIS terdapat negara di dalam negara. Jelaskan maksudnya! Dalam sistem UUDS 1950, Indonesia menerapkan bentuk republik parlementer. Jelaskan maksudnya! | 2x 40’ | Buku teks, UUD 1945, Konstitusi RIS, UUDS 1950 |
2.2. Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap konstitusi yang berlaku di Indonesia | · Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949 · Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi · Menunjukkan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD | Sejarah Perkembangan UUD 1945 | Mengkaji penyimpangan-penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan ganda Tes Uraian Tes Uraian | Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah .... A. pemberlakuan UUDS B. berlakunya sistem parlementer* C. pembubaran Konstituante D. penangkatan Presiden seumur hidup Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 pada masa Orde Lama, 1949-1965! Pada masa Orde Lama, seluruh anggota DPRS diangkat oleh Presiden. Demikian pula pada masa Orde Baru, sebagian anggota DPR dipilih oleh Presiden. Jelaskan akibatnya! | 2 x 40’ | Buku teks, buku tentang perkembangan ketatanega-raan republik Indonnesia |
2.3. Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945 | · Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945 · Menjelaskan proses amandemen atau perubahan UUD 1945 · Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945 | Sejarah Perkembangan UUD 1945 | Mengkaji amandemen atau perubahan UUD 1945 | Tes Tulis Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tes Uraian Tugas rumah | Pada masa Orde Baru berkembang kemauan politik yang bermaksud mampertahankan UUD 1945. Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945! Jelaskan prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945! Buatlah identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002. | 2 x 40’ | UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945 |
2.4 Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil amandemen | · Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 · Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi · Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia | Sejarah Perkembangan UUD 1945 | Mengamati respon terhadap amandemen UUD 1945 | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945 dalam menghadapi berbagi perubahan! Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi! Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap perlindungan terhadap HAM! | 2 x 40’ | UUD 1945 hasil amandemen, artikel tentang amandemen UUD 1945 |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : 1 ( satu )
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional | · Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan · Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan · Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional | Peraturan Perundang-undangan nasional | Membaca isi Undang-Undang No. 10/Tahun 2004 | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Urian Tes Pilihan ganda | Kedudukan UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan. Jelaskan maksudnya! Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara! Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah Undang-Undang adalah .... A. Ketetapan MPR B. Peraturan Pemerintah* C. Peraturan Presiden D. Keputusan Presiden | 2x40’ | Buku teks, Buku UU No.10/ 2004 tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan, |
3.2. Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional | · Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang · Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah | Peraturan Perundang-undangan nasional | Mengkaji proses pembuatan peraturan perundang-undangan | Penugasan Penugasan | Tugas rumah Tugas rumah | Jelaskan prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga pengesahannya! Jelaskan prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan peraturan daerah hingga pengesahannya!. | 4 x 40’ | Buku teks, artikel, berita surat kabar |
3.3.Menaati peratur-an perundang-undangan nasional | · Menjelaskan kewajiban warga negara terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan · Menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan | Peraturan Perundang-undangan nasional | Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap peraturan perundang-undangan | Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas rumah | Jelaskan hubungan antara isi pasal 27 ayat (1) dengan keberadaan peraturan perundang-undangan! Buatlah identifikasi tentang sikap atau perbuatan yang menunjukkan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan! Kemukakan secara tertulissekurang-kurangnya sepuluh contoh sikap atau perbuatan! | 4 x 40’ | Buku teks, artikel, berita surat kabar |
3.4. Mengidentifi kasi kasus korupsi dan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia | · Menunjukkan upaya pemberan-tasan korupsi di Indonesia · Mengidentifikasi kasus korupsi di daerah | Peraturan Perundang-undangan nasional | Mengamati pemberitaan media masa tentang kasus korupsi dan pemberantasan korupsi | Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas rumah | Jelaskan pengaruh Undang– Undang No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia! Buatlah identifikasi kasus korupsi di daerah Anda yang sedang disidangkan atau telah divonis oleh pengadilan! | 2 x 40’ | Buku teks, berita media masa |
3.5. Mengidenifi kasi pengertian anti korupsi dan instrumen (hukum dan kelembagaan) anti korupsi di Indonesia | · Merumuskan pengertian korupsi · Menyebutkan landasan hukum pemberantasan korupsi · Menyebutkan lembaga-lembaga pemberantasan korupsi | Peraturan Perundang-undangan nasional | Mengkaji UU No. 29 Thn 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari KKN UU No. 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Buatlah pengertian korupsi menurut pengertian Anda! Sebutkan landasan hukum pemberan tasan korupsi di Indonesia! Sebutkan lembaga-lembaga pemberan tasan korupsi di Indonesia! | 4 x 40’ | UU No. 29 Thn 1999 UU No. 31 Thn 1999 |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
4.1 Menjelaskan hakikat demokrasi | · Menjelaskan pengertian demokrasi · Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi · Menguraikan macam-macam demokrasi | Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan | Menelaah buku atau artikel tentang demokrasi dan perkembangannya | Tes Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Pilihan ganda Tes Pilihan ganda | Jelaskan pengertian demokrasi secara etimologis maupun terminologis! Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana karena.... A. jumlah penduduk nya sedikit* B. permasalahannya sederhana C. kehidupan politik-nya stabil D. Masyarakatnya homogen Demokrasi yang diterapkan di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi .... A. rakyat B. liberal* C. totaliter D. terpimpin | 4 x 40’ | Buku teks, artikel dll |
4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara | · Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi · Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik · Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi | Demokrasi dalam ber bagai aspek kehidupan | Menelaah buku atau artikel tentang kehidupan demokrasi | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam menata kehidupan bersama! Tunjukkan cara-cara pemilihan Presiden secara demokratis! Tunjukkan bahwa koperasi merupakan praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi! | 4 x 40’ | Buku teks, artikel dll |
4.3 Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan | · Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi · Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat | Demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan | Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap demokratisasi | Penugasan Tes tulis | Tugas rumah Tes Uraian | Tunjukkan kebaikan budaya demokrasi dibanding budaya otoriter! Jika suatu ketika Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda lakukan terhadap berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat! | 8 x 40’ | Buku teks, artikel, pemberitaan media masa |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Kelas : VIII
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 5. Memahami kedaulatan rakya dan sistem pemerintahan di Indonesia
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat | · Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat · Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat | Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia | Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945 | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan pengertian kedaulatan rakyat! Jelaskan peranan DPR dalam sistem pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat! | 8 x 40’ | Buku teks, UUD 1945 |
5.2. Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia dan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat | · Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer · Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia | Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia | Menelaah sistem demokrasi menurut UUD 1945 | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan sistem pamerintahan parlementer Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial! | 8 x 40’ | Buku teks, UUD 1945, UUDS 1950, Konstitusi RIS |
5.3. Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia | · Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat · Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia | Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan Negara Indonesia | Mengamati dan mendiskusikan sikap terhadap kedaulatan rakyat | Tes tulis Tes tulis | Tes Uraian Tes Uraian | Setujukah Anda jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu, dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasan Anda! Setujukah Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan | 4 x 40’ | Buku teks, artikel, pemberitaan media masa |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : 1 ( satu )
Standar Kompetensi : 1. Menampilakan dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara | · Menguraikan unsur-unsur negara · Menentukan fungsi negara · Menemukan hak – hak dan kewajiban kewajiban warga negara | Pembelaan Negara | Membuat laporan pelaksanaan bela negara di lingkungan tempat tinggalnya | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Tes Lisan Tes Uraian Tes Pilihan ganda | Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara Sebutkan 4 fungsi negara yang mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara Salah satu kewajiban warga negara Indonesia adalah : A. Mengeluarkan pendapat B. Mendapat pendidikan C. Membela negara D. Mendapat pelindungan hukum | 4 x 40’ | Buku Materi pokok tentang Pembelaan Negara |
Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara | · Menguraikan unsur-unsur negara · Menentukan fungsi negara · Menemukan hak – hak dan kewajiban kewajiban warga negara | Pembelaan Negara | Membuat laporan pelaksanaan bela negara di lingkungan tempat tinggalnya | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | Lisan Uraian Tes Pilihan ganda | Sebutkan 3 unsur-pokok berdirinya sebuah negara Sebutkan 4 fungsi negara yang mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara Salah satu kewajiban warga negara Indonesia adalah : A. Mengeluarkan pendapat B. Mendapat pendidikan C. Membela negara D. Mendapat pelindungan hukum | 4 x 40’ | Buku Materi pokok tentang Pembelaan Negara |
Mengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan negara | · Mengidentifikasi peraturan per undang-undangan tentang wajib bela negara · Menunjukan contoh tindakan yang menunjukkan upaya membela negara | Pembelaan Negara | Mengidentifikasi Perundang – undangan yang berhubungan dengan bela negara | Tes tulis Tes tulis | Tes Lisan Tes Pilihan ganda | Sebutkan Pasal dalam UUD’45 yang mengatur tentang kewajiban membela negara bagi warga negara Indonesia Pada saat Indonesia da lam keadaan bahaya seo rang warga negara hendaknya ... A. Menyelamatkan diri menghindari bahaya B. Mendorong TNI mengadapi ancaman C. Menyuruh orang lain untuk memberikan perlawanan D. Bersama TNI menghadapi musuh | 4 X 40 | Guntingan koran/Kliping |
1.4 Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara | · Menentukan sikap terhadap pihak-pihak tertentu yang ingin menghancurkan NKRI · Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya | Pembelaan Negara | Mengkaji tulisan tentang berbagai ancaman terhadap integritas NKRI, baik dari luar maupun dari dalam | Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan Ganda Tes Pilihan Ganda | Sikap Seorang warga negara Indonesia Terhadap pihak – pihak yang akan menghancurkan NKRI hendaknya .... A. Mendorong B. Mencegah C. Membiarkan D. membantu Salah satu upaya pem belaan negara diling kungannya adalah .... A. Membersihkan lingkungan B. Menjadi anggota panguyuban warga C. Menjadi anggota tim peduli lingkungan D. Ikut aktif kegiatan SISKAMLING | 8 X 40 | Buku teks, berita surat kabar, atikel |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : 1 ( satu )
Standar Kompetensi : 2. Memahami pelaksanaan Otonomi daerah
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
2.1 Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah | · Menemukan hakekat otonomi daerah · Menemukan rumusan tujuan pembentukanotonomi daerah | Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah | Mengamati penyelenggara- an pemerintah- an daerah | Tes Lisan Tes Lisan | Daftar Pertanyaan Daftar Pertanyaan | Jelaskan hakekat otonomi daerah Sebutkan empat diantara tujuan rumusan pemberian otonomi daerah | 8 x 40 | Buku teks, UU No. 32 Thn 2004, |
2.2 Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah | · Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah · Menganalisis konsekuensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah | Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan otonomi daerah | Mengkaji pemberitaan tentang peraturan daerah dan kebijakan pemerintah daerah di daerahnya masing-masing | Tes tulis Tes tulis | Tes Pilihan ganda Tes Pilihan ganda | Bentuk partisipa si masyarakat dalam pelaksa naan otonomi daerah dibidang ekonomi adalah .... A. Melaksanakan tugas sesuai dengan kewajibannya B. Membayar PBB C. Membantu masyarakat mengaman kan lingkung an D. Mematuhi aturan yang berlaku di masyarakat Dibawah ini adalah per nyata an yang menunjuk an konseku ensi Akibat keti dak aktifan masyara kat dalam perumusan dan pelaksanaan kebija kan publik kecuali, .... A. Kebijakan publik yang di buat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat B. Kebijakan publik hanya menguntung kan kelompok atau golongan tertentu C. Kebijakan publik dapat dimanfaatkan oknum – oknum yang tidak bert anggung jawab D. Kebijakan publik yang dikeluarkan dapat meng ayomi masyarakat | 8 X 40 | Guntingan Koran/Kliping |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
3.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia | · Menjelaskan makna globalisasi · Mengguraikan dampak globali sasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat | Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan | Mengamati masuknya produk-produk luar negeri serta berita-berita internasional | Tes lisan Tes lisan | Tes Uraian Tes Uraian | Apa yang dimaksud globalisasi ? Sebutkan lima dampak positif dan lima negatif globalisasi! | 4x40’ | Media cetak dan elektronik |
3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era global | · Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif · Peranan Indonesia dalam percaturan Internasional | Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan | Mengkaji buku tentang politik luar negeri RI | Tes lisan Tes Lisan | Tes Uraian Tes Uraian | Jelaskan apa yang dimaksud dengan politik luar negeri bebas aktif? Peranan apa yang bisa dilakukan bangsa Indonesia dalam menghadapi kekacuan di Timor Timur? | 8 X 40 | Buku teks, media cetak dan elektronik |
3.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | · Menilai dampak globali sasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan bernegara · Menjelaskan dampak globalisasi bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara | Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan | · Mengamati dan mengkaji peranan Indonesia dalam percaturan Internasional dan dampak globalisasi | Tes lisan Tes Lisan | Tes Uraian Tes Uraian | Indonesia sama sekali tidak ingin terlibat dalam konflik antar negara. Jelaskan alasannya! Tunjukkan peranan Indonesia dalam memajukan kawasan Asia Tenggara | 8 X 40 | Media cetak dan elektronik, tokoh masyarakat |
3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi | · Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernagara · Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara | Globalisasi dalam berbagai aspek kehidupan | Mengamati dan mengkaji dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya | Tes lisan Penugasan Tes tulis Tes tulis Penugasan | Tes Uraian Tugas rumah Tes Lisan Tes Lisan Tugas rumah | Bacalah surat Kabar menyangkut berbagai pengaruh asing. Buatlah komentar atau penilaian pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi! Jelaskan dampak globali sasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan budaya! Tunjukkan dampak posi tif globalisasi. Kemuka kan sikap Anda terhadap hal tersebut! Tunjukkan dampak negatif globalisasi. Kemukakan sikap Anda terhadap hal tersebut Buat karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan siswa di sekolah saya Buat karangan singkat degan tema Sikap saya terhadap dampak positif dan negatif globalisasi terhadap kehidupan gaya hidup remaja di sekitar tempat tinggal siswa | 4 X 40 | Guntingan koran/ Kliping |
SILABUS
Nama Sekolah : ................................................
Mata pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : IX
Semester : II ( dua )
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | ||||||
4.1 Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa | · Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa · Macam – macam prestasi diri | Prestasi Diri | Mengkaji berbagai tulisan atau pemberita-an yang berkait- an dengan prestasi diri | Tes tulis Tes tulis | Tes Lisan Tes Lisan | Apa yang dimaksud prestasi diri ? Bagaimana cara mengenal potensi diri? | 4 x 40’ | Buku Materi Pokok Prestasi Diri |
4.2 Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan | · Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampu-an · Pentingnya menggali prestasi diri | Prestasi Diri | Menginventarisir potensi diri | Penugasan Penugasan | Tugas rumah Tugas rumah | Kemukakan aktivitas prestasi diri yang anda miliki Kenali dirimu sendiri dan kembangkan prestasi yang kau miliki! | 4 X 40 | Koran/ Kliping |
4.3 Menampil-kan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi ke unggulan bangsa | · Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa · Prestasi diri perlu dikembangkan untuk mencapai keunggulan bangsa | Prestasi diri | Mengidentifikasi aktivitas yang menunjukkan prestasi diri | Penugasan Penugasan | Tugas rumah Diskusikan | Coba sebutkan beberapa potensi, bakat,atau ke mampuan yang ada pada dirimu. Apa yang perlu kau lakukan untuk mengembangkan potensi dirimu itu. Diskusikan atau konsultasi kan dengan teman atau orang lain yang lebih dewasa! Laporkan hasilnya! | 4 X 40 | Gambar tokoh – tokoh yang berprestasi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar