Selasa, 05 April 2011

KOMPETENSI GURU PENDAHULUAN 1. ORANG YG KOMPETEN ADALAH ORANG YG MENGUASAI KECAKAPAN KERJA/KEAHLIAN SESUAI DENGAN BIDANGNYA 2. KECAKAPAN KERJA DIWUJUDKAN DALAM PERBUATAN YG BERMAKNA, BERNILAI SOSIAL, DAN MEMENUHI KRITERIA 3. ORANG YG KOMPETEN MAMPU BEKERJA DIBIDANGNYA SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN. PENDIDIK TENAGA KEPENDIDIKAN YG BERKUALIFIKASI DAN BERKOMPETENSI SEBAGAI GURU, DOSEN, KONSELOR, PAMONG, PAMONG BELAJAR, WIDYAISWARA, TUTOR, INSTRUKTUR, FASILITATOR DAN SEBUTAN LAIN YG SESUAI DENGAN KEKHUSUSANNYA SERTA BERPARTISIPASI DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN SUMBER KOMPETENSI 1. NILAI-NILAI HIDUP YG DIHAYATI 2. NILAI-NILAI PANCASILA 3. MISI YG TERSIRAT DALAM UUD 1945 4. PP No.19 Th.2005 TTG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN 5. NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA YG SEHAT JENIS KOMPETENSI KEGURUAN 1. KOMPETENSI KEPRIBADIAN 2. KOMPETENSI PEDAGOGIK 3. KOMPETENSI PROFESIONAL 4. KOMPETENSI SOSIAL KOMPETENSI KEPRIBADIAN KEMAMPUAN KEPRIBADIAN YG MANTAP, STABIL, DEWASA, ARIF, BIJAKSANA, BERWIBAWA, MENJADI TELADAN BAGI PESERTA DIDIK, TAMPIL PANTAS DAN RAPI, BERTINDAK JUJUR DAN BERAHLAK MULIA KOMPETENSI PEDAGOGIK KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK YG MELIPUTI PEMAHAMAN TERHADAP PESERTA DIDIK, PERANCANGAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, EVALUASI HASIL BELAJAR,DAN PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK MENGAKTUALISASIKAN BERBAGAI POTENSI YG DIMILIKINYA. KOMPETENSI PROFESIONAL KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI PELAJARAN SECARA LUAS DAN MENDALAM YG MEMUNGKINKANYA MEMBIMBING PESERTA DIDIK MEMENUHI STANDAR KOMPTENSI YG DITEDTAPKAN DALAM DL STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN KOMPETENSI SOSIAL KEMAMPUAN PENDIDIKAN SEBAGAI BAGIAN DARI MASYARAKAT UNTUK BERKOMUNIKASI DAN BERGAUL SECARA EFEKTIF DGN PESERTA DIDIK, SESAMA PENDIDIK, TENAGA KEPENDIDIKAN/ ORANGTUA/WALI PESERTA DIDIK DAN MASYARAKAT SEKITARNYA KOMPETENSI SOSIAL MELIPUTI ada 6 1. BERPERAN SEBAGAI PEMIMPIN, BAIK DILEMBAGA PENDIDIKAN MAUPUN DIMASYARAKAT 2. BERSIKAP BERSAHABAT DAN TERAMPIL BERKOMUNIKASI DGN SIAPAPUN DEMI TERCAPAINYA TUJUAN 3. BERPERAN AKTIF DALAM PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MASYARAKAT 4. TIDAK KEHILANGAN PRINSIP DAN NILAI HIDUP YANG DIYAKINI DL PERSAHABATAN DGN SIAPAPUN 5. BERPERAN AKTIF DLM BERBAGAI KEGIATAN SOSIAL 6. BERTINDAK TEPAT WAKTU DALAM JANJI DAN PENYELESAIAN TUGAS KOMPETENSI PROFESIONAL (ada 10) 1. PENGUASAAN BAHAN AJAR 2. MAMPU MENGELOLA PROGRAM BELAJAR MENGAJAR 3. MAMPU MENGELOLA KELAS 4. MAMPU MENGGUNAKAN MEDIA DAN SUMBER PENGAJARAN 5. MENGUASAI LANDASAN KEPENDIDIKAN 6. MAMPU MENGELOLA INTERAKSI PROSES BELAJAR MENGAJAR 7. MAMPU MENILAI PRESTASI BELAJAR SISWA 8. MENGENAL FUNGSI SERTA PROGRAM PELAYANAN BK 9. MAMPU MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI SEKOLAH 10. MEMAHAMI PRINSIP PENELITIAN PENDIDIDKAN DAN MENAFSIRKAN HASIL-HASIL PENELITIAN PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN 1. SISWA AKTIF 2. MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR 3. MEMUSATKAN PERHATIAN 4. APERSEPSI, KORELASI, DAN INTERGRASI 5. INDIVIDUALISASI 6. PERAGAAN 7. KOOPERASI 8. PENGAJARAN MULTI SUMBER 9. KESINAMBUNGAN BELAJAR 10. PENILAIAN PENUTUP 1. DIIMPLEMENTASIKANNYA KOMPETENSI DALAM INTERAKSI PENGAJARAN MEMBUKA PELUANG BAGI SISWA UNTUK LEBIH AKTIF DAN KREATIF DALAM MEWUJUDKAN KUALITASNYA 2. UU GURU DAN DOSEN No.14/TH 2005 MEMBAWA KONSEKUENSI : 1. PEKERJAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI BIDANG PROFESI DIAKUI OLEH NEGARA 2. GURU & DOSEN BERHAK MENDAPAT SERTIFIKASI MENGAJAR 3. GURU & DOSEN YG BERHAK MENDAPAT SERTIFIKASI MENGAJAR MENDAPAT IMBALAN/GAJI 2X LEBIH BESAR DARI GAJI GURU BIASA YG SAMA PANGKAT/JABATAN NYA 4. GURU YG BERHAK MENDAPATKAN SERTIFIKASI MENGAJAR MINIMAL BERIJAZAH D.IV ATAU S1


KOMPETENSI GURU

PENDAHULUAN
1.   ORANG YG KOMPETEN ADALAH ORANG YG MENGUASAI KECAKAPAN KERJA/KEAHLIAN SESUAI DENGAN BIDANGNYA
2.   KECAKAPAN KERJA DIWUJUDKAN DALAM PERBUATAN YG BERMAKNA, BERNILAI  SOSIAL, DAN MEMENUHI KRITERIA
3.   ORANG YG KOMPETEN MAMPU BEKERJA DIBIDANGNYA SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN.

PENDIDIK
TENAGA KEPENDIDIKAN YG BERKUALIFIKASI DAN BERKOMPETENSI SEBAGAI GURU, DOSEN, KONSELOR, PAMONG, PAMONG BELAJAR, WIDYAISWARA, TUTOR, INSTRUKTUR, FASILITATOR DAN SEBUTAN LAIN YG SESUAI DENGAN KEKHUSUSANNYA SERTA BERPARTISIPASI DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN

SUMBER KOMPETENSI
1.   NILAI-NILAI HIDUP YG DIHAYATI
2.   NILAI-NILAI PANCASILA
3.   MISI YG TERSIRAT DALAM UUD 1945
4.   PP No.19 Th.2005 TTG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
5.   NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA YG SEHAT

JENIS KOMPETENSI KEGURUAN
1.   KOMPETENSI KEPRIBADIAN
2.   KOMPETENSI PEDAGOGIK
3.   KOMPETENSI PROFESIONAL
4.   KOMPETENSI SOSIAL

KOMPETENSI KEPRIBADIAN
KEMAMPUAN KEPRIBADIAN YG MANTAP,
STABIL,  DEWASA, ARIF, BIJAKSANA, BERWIBAWA, MENJADI TELADAN BAGI PESERTA DIDIK, TAMPIL PANTAS DAN RAPI, BERTINDAK JUJUR DAN BERAHLAK MULIA

KOMPETENSI PEDAGOGIK
KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK YG MELIPUTI PEMAHAMAN TERHADAP PESERTA DIDIK, PERANCANGAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, EVALUASI HASIL BELAJAR,DAN PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK MENGAKTUALISASIKAN BERBAGAI POTENSI YG DIMILIKINYA.


KOMPETENSI PROFESIONAL
KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI PELAJARAN SECARA LUAS DAN MENDALAM YG MEMUNGKINKANYA MEMBIMBING PESERTA DIDIK MEMENUHI STANDAR KOMPTENSI YG DITEDTAPKAN DALAM DL STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

KOMPETENSI SOSIAL
KEMAMPUAN PENDIDIKAN SEBAGAI BAGIAN DARI MASYARAKAT UNTUK BERKOMUNIKASI DAN BERGAUL SECARA EFEKTIF  DGN PESERTA DIDIK, SESAMA PENDIDIK, TENAGA KEPENDIDIKAN/ ORANGTUA/WALI PESERTA  DIDIK DAN MASYARAKAT SEKITARNYA

KOMPETENSI SOSIAL MELIPUTI ada 6
1.   BERPERAN SEBAGAI PEMIMPIN, BAIK DILEMBAGA PENDIDIKAN MAUPUN DIMASYARAKAT
2.    BERSIKAP BERSAHABAT DAN TERAMPIL BERKOMUNIKASI DGN SIAPAPUN DEMI TERCAPAINYA TUJUAN
3.   BERPERAN AKTIF DALAM PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MASYARAKAT
4.   TIDAK KEHILANGAN PRINSIP DAN NILAI HIDUP YANG DIYAKINI DL PERSAHABATAN DGN SIAPAPUN
5.   BERPERAN AKTIF DLM BERBAGAI KEGIATAN SOSIAL
6.   BERTINDAK TEPAT WAKTU DALAM JANJI DAN PENYELESAIAN TUGAS


KOMPETENSI PROFESIONAL (ada 10)
1.   PENGUASAAN BAHAN AJAR
2.   MAMPU MENGELOLA PROGRAM BELAJAR MENGAJAR
3.   MAMPU MENGELOLA KELAS
4.   MAMPU MENGGUNAKAN MEDIA DAN SUMBER PENGAJARAN
5.   MENGUASAI LANDASAN KEPENDIDIKAN
6.   MAMPU MENGELOLA INTERAKSI PROSES BELAJAR MENGAJAR
7.   MAMPU MENILAI PRESTASI BELAJAR SISWA
8.   MENGENAL FUNGSI SERTA PROGRAM PELAYANAN BK
9.   MAMPU MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI SEKOLAH
10.     MEMAHAMI PRINSIP PENELITIAN PENDIDIDKAN DAN MENAFSIRKAN HASIL-HASIL PENELITIAN


PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN
1.   SISWA AKTIF
2.   MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR
3.   MEMUSATKAN PERHATIAN
4.   APERSEPSI, KORELASI, DAN INTERGRASI
5.   INDIVIDUALISASI
6.   PERAGAAN
7.   KOOPERASI
8.   PENGAJARAN MULTI SUMBER
9.   KESINAMBUNGAN BELAJAR
10.     PENILAIAN



PENUTUP
1.   DIIMPLEMENTASIKANNYA KOMPETENSI DALAM INTERAKSI  PENGAJARAN MEMBUKA PELUANG BAGI SISWA UNTUK LEBIH AKTIF DAN KREATIF DALAM MEWUJUDKAN KUALITASNYA
2.   UU GURU DAN DOSEN No.14/TH 2005 MEMBAWA KONSEKUENSI :
1.    PEKERJAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI BIDANG PROFESI DIAKUI OLEH NEGARA
2.    GURU & DOSEN BERHAK MENDAPAT SERTIFIKASI MENGAJAR
3.    GURU & DOSEN YG BERHAK MENDAPAT SERTIFIKASI MENGAJAR MENDAPAT IMBALAN/GAJI 2X LEBIH BESAR DARI GAJI GURU BIASA YG SAMA PANGKAT/JABATAN NYA
4.    GURU YG BERHAK MENDAPATKAN SERTIFIKASI  MENGAJAR MINIMAL BERIJAZAH D.IV ATAU S1.


S E L E S A I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar