KOMPETENSI GURU
PENDAHULUAN
1. ORANG YG KOMPETEN ADALAH ORANG YG MENGUASAI KECAKAPAN KERJA/KEAHLIAN SESUAI DENGAN BIDANGNYA
2. KECAKAPAN KERJA DIWUJUDKAN DALAM PERBUATAN YG BERMAKNA, BERNILAI SOSIAL, DAN MEMENUHI KRITERIA
3. ORANG YG KOMPETEN MAMPU BEKERJA DIBIDANGNYA SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN.
PENDIDIK
TENAGA KEPENDIDIKAN YG BERKUALIFIKASI DAN BERKOMPETENSI SEBAGAI GURU, DOSEN, KONSELOR, PAMONG, PAMONG BELAJAR, WIDYAISWARA, TUTOR, INSTRUKTUR, FASILITATOR DAN SEBUTAN LAIN YG SESUAI DENGAN KEKHUSUSANNYA SERTA BERPARTISIPASI DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN
SUMBER KOMPETENSI
1. NILAI-NILAI HIDUP YG DIHAYATI
2. NILAI-NILAI PANCASILA
3. MISI YG TERSIRAT DALAM UUD 1945
4. PP No.19 Th.2005 TTG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
5. NILAI-NILAI BUDAYA BANGSA YG SEHAT
JENIS KOMPETENSI KEGURUAN
1. KOMPETENSI KEPRIBADIAN
2. KOMPETENSI PEDAGOGIK
3. KOMPETENSI PROFESIONAL
4. KOMPETENSI SOSIAL
KOMPETENSI KEPRIBADIAN
KEMAMPUAN KEPRIBADIAN YG MANTAP,
STABIL, DEWASA, ARIF, BIJAKSANA, BERWIBAWA, MENJADI TELADAN BAGI PESERTA DIDIK, TAMPIL PANTAS DAN RAPI, BERTINDAK JUJUR DAN BERAHLAK MULIA
KOMPETENSI PEDAGOGIK
KEMAMPUAN MENGELOLA PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK YG MELIPUTI PEMAHAMAN TERHADAP PESERTA DIDIK, PERANCANGAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, EVALUASI HASIL BELAJAR,DAN PENGEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK MENGAKTUALISASIKAN BERBAGAI POTENSI YG DIMILIKINYA.
KOMPETENSI PROFESIONAL
KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI PELAJARAN SECARA LUAS DAN MENDALAM YG MEMUNGKINKANYA MEMBIMBING PESERTA DIDIK MEMENUHI STANDAR KOMPTENSI YG DITEDTAPKAN DALAM DL STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
KOMPETENSI SOSIAL
KEMAMPUAN PENDIDIKAN SEBAGAI BAGIAN DARI MASYARAKAT UNTUK BERKOMUNIKASI DAN BERGAUL SECARA EFEKTIF DGN PESERTA DIDIK, SESAMA PENDIDIK, TENAGA KEPENDIDIKAN/ ORANGTUA/WALI PESERTA DIDIK DAN MASYARAKAT SEKITARNYA
KOMPETENSI SOSIAL MELIPUTI ada 6
1. BERPERAN SEBAGAI PEMIMPIN, BAIK DILEMBAGA PENDIDIKAN MAUPUN DIMASYARAKAT
2. BERSIKAP BERSAHABAT DAN TERAMPIL BERKOMUNIKASI DGN SIAPAPUN DEMI TERCAPAINYA TUJUAN
3. BERPERAN AKTIF DALAM PELESTARIAN DAN PENGEMBANGAN BUDAYA MASYARAKAT
4. TIDAK KEHILANGAN PRINSIP DAN NILAI HIDUP YANG DIYAKINI DL PERSAHABATAN DGN SIAPAPUN
5. BERPERAN AKTIF DLM BERBAGAI KEGIATAN SOSIAL
6. BERTINDAK TEPAT WAKTU DALAM JANJI DAN PENYELESAIAN TUGAS
KOMPETENSI PROFESIONAL (ada 10)
1. PENGUASAAN BAHAN AJAR
2. MAMPU MENGELOLA PROGRAM BELAJAR MENGAJAR
3. MAMPU MENGELOLA KELAS
4. MAMPU MENGGUNAKAN MEDIA DAN SUMBER PENGAJARAN
5. MENGUASAI LANDASAN KEPENDIDIKAN
6. MAMPU MENGELOLA INTERAKSI PROSES BELAJAR MENGAJAR
7. MAMPU MENILAI PRESTASI BELAJAR SISWA
8. MENGENAL FUNGSI SERTA PROGRAM PELAYANAN BK
9. MAMPU MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI SEKOLAH
10. MEMAHAMI PRINSIP PENELITIAN PENDIDIDKAN DAN MENAFSIRKAN HASIL-HASIL PENELITIAN
PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN
1. SISWA AKTIF
2. MEMILIKI MOTIVASI BELAJAR
3. MEMUSATKAN PERHATIAN
4. APERSEPSI, KORELASI, DAN INTERGRASI
5. INDIVIDUALISASI
6. PERAGAAN
7. KOOPERASI
8. PENGAJARAN MULTI SUMBER
9. KESINAMBUNGAN BELAJAR
10. PENILAIAN
PENUTUP
1. DIIMPLEMENTASIKANNYA KOMPETENSI DALAM INTERAKSI PENGAJARAN MEMBUKA PELUANG BAGI SISWA UNTUK LEBIH AKTIF DAN KREATIF DALAM MEWUJUDKAN KUALITASNYA
2. UU GURU DAN DOSEN No.14/TH 2005 MEMBAWA KONSEKUENSI :
1. PEKERJAAN GURU DAN DOSEN SEBAGAI BIDANG PROFESI DIAKUI OLEH NEGARA
2. GURU & DOSEN BERHAK MENDAPAT SERTIFIKASI MENGAJAR
3. GURU & DOSEN YG BERHAK MENDAPAT SERTIFIKASI MENGAJAR MENDAPAT IMBALAN/GAJI 2X LEBIH BESAR DARI GAJI GURU BIASA YG SAMA PANGKAT/JABATAN NYA
4. GURU YG BERHAK MENDAPATKAN SERTIFIKASI MENGAJAR MINIMAL BERIJAZAH D.IV ATAU S1.
S E L E S A I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar